Ivan Fernandes Tunjukkan Nilai-Nilai Sportifitas dalam Kompetisi

Ivan Fernandes Tunjukkan Nilai-Nilai Sportifitas dalam Kompetisi

PRABANGKARANEWS.COM || Mari kita pupuk kembali nilai sporifitas dalam sebuah komptesisi.  Sebagai mana ditunjukkan dalam kompetisi marathon di Burlada Navarre, Spanyol, tanggal 2 Desember 2012, pelari jarak jauh Kenya, Abel Mutai, berada pada  posisi paling depan dengan  jarak cukup jauh dari pelari nomor 2.  Saat finish Abel Mutai  bingung dengan tanda-tanda garis finish, ia berhenti 10 meter sebelum garis finish.

Abel Mutai  berpikir bahwa ia telah menyelesaikan perlombaan itu. Atlet Spanyol, Iván Fernandez, berada tepat di belakangnya menyadari apa yang terjadi, dia mulai berteriak kepada pelari Kenya itu untuk terus berlari, tetapi Mutai tidak bisa berbahasa Spanyol dan tidak mengerti.

Jadi orang Spanyol itu mendorong Mutai utk berlari terus sedangkan dia sendiri tetap di posisi belakang Mutai menuju garis finish.

Setelah mencapai finish, seorang jurnalis bertanya kepada Iván:  “Mengapa anda melakukan itu?”

Ivan menjawab: “Impian saya adalah suatu hari nanti kita hidup bersama dengan moral yang baik di dalam masyarakat”

Wartawan itu bertanya lebih  lanjut : “Tapi mengapa anda membiarkan orang Kenya itu menang ?”
Ivan menjawab: “Saya tidak membiarkan dia menang, memang dia seharusnya menang.”

Wartawan itu bersikeras lagi: “Tapi anda bisa menang jika tidak membantunya”

Ivan memandangnya dan menjawab: “Apa manfaat dari kemenangan saya? Apa kehormatan yang saya dapat dari medali itu? Apa yang akan ibu saya katakan tentang itu kepada saya?”

Sportivitas dan berjiwa besar semakin langka di masa kini. Banyak orang dalam segala bidang berkompetisi dengan menghalalkan segala cara.

Ivan Fernandez mengajarkan kita bagaimana menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dalam kompetisi. Menang terhormat  dan  kalah terhormat haruslah menjadi motto kita dalam berkompetisi di bidang apapun.

Please follow and like us:

redaksiprabangkara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *