Prospek Cerah Profesi Konsultan Public Relations

Prospek Cerah Profesi Konsultan Public Relations

Setiap tahun ada puluhan ribu lulusan jurusan Komunikasi, di Indonesia. Di  mana mereka bekerja? Lulusan Komunikasi, termasuk prodi Hubungan Masyarakat, bisa bekerja di berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta. Namun, ada satu profesi yang belum banyak dilirik oleh mahasiswa yakni profesi sebagai konsultan Public Relations. Hal ini disampaikan oleh Jojo S. Nugroho dalam Webinar yang diselenggarakan Prodi Hubungan Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta, Kamis (8 /7/ 2021).

Ketua panitia Webinar, Fauzul Haq, M.I.Kom., menyatakan alasan pemilihan tajuk webinar yakni “Challanges and Opportunities for PR Consultant in New Normal Era” adalah ingin mengenalkan profesi ini kepada para mahasiswa. Fauzul percaya bahwa setelah pandemi berlalu dan roda perekonomian bergerak kembali, maka kebutuhan terhadap konsultan PR akan tumbuh.

“Banyak perusahaan yang memerlukan mitra untuk melaksanakan komunikiasi  dengan baik. Perusahaan bisa berkolaborasi dengan konsultan PR, atau sepenuhnya menyerahkan kepercayaan pada konsultan PR”, jelasnya.

Jojo yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) itu,  Kamis (8/7/2021) menjelaskan bahwa tugas konsultan Humas adalah menangani citra klien di hadapan publiknya.

Konsultan harus bekerja sama dengan berbagai perusahaan nasional maupun internasional dan tentu saja memerlukan beragam keahlian untuk bekerja bersama menjalankan kampanye komunikasi klien.

Founder dan Managing Director IMOGEN PR, sebuah konsultan PR yang telah berdiri sejak 2006, ini mempersyaratkan 5 skill penting yang perlu dipersiapkan lulusan Hubungan Masyarakat

Strategic Planning

Strategic Planning adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya untuk mencapai strategi tersebut

Written Communications

Keterampilan menulis amat diperlukan untuk berbagai keperluan, baik yang bersifat informatif maupun persuasif. Keterampilan menulis bukan hanya diperlukan oleh jurnalis

 

Social Media

Seiring tingginya penetrasi media sosial, maka konsultan PR harus mengoptimal berbagai platfor media sosial

 

Multimedia Content Development

Tiap media digital  memerlukan content. Para konsultan PR harus multitasking dan bisa mengeksekusi berbagai pekerjaan seperti fotografi, videografi dan desain grafis.

 

Verbal Communications

Komunikasi verbal diperlukan agar pesan yang disampaikan bisa clear dan efektif mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Please follow and like us:

redaksiprabangkara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *