BPN Pacitan Gelar Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Reforma Agraria

BPN Pacitan Gelar Rapat Koordinasi  Tim Gugus Tugas Reforma Agraria

Pacitan,- Badan pertanahan Nasional Kabupaten Pacitan menggelar rapat koordinasi Tim Gugus Tugas Reforma Agraria dengan melibatkan semua unsur Pemerintah Daerah dan Tokoh Masyarakat. Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pacitan Agus Bangun Raharjo, mengapresiasi munculnya dinamika dari Rapat GTRA ini terutama yang berkait erat dengan masalah pertanahan, bertempat di  Auditarium Hotel Grand Bromo Pacitan, Selasa (14/09/2021).

Kepala BPN  menekankan agar sinkronisasi dan harmonisasi Tim Gugus Tugas Reforma agraria tetap terus terjalin agar hal – hal yang terkait dengan  Pertanahan di Kabupaten Pacitan ini dapat membantu dan mensejahterakan Rakyat Pacitan. Selain Tim Gugus Tugas Reforma Agraria juga hadir kepala Kejaksaan Negeri Pacitan, Kapolres Pacitan dan Keluarga Besar Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibukan oleh  Sekretaris Daerah Pacitan, Heru Wiwoho ini mengambil tema Sinkronisasi dan Harmonisasi Kebijakan Sektor Lintas Sektor untuk Pertumbuhan Ekonomi.

Dalam sambutan pembukaannya , Sekda Pacitan mengapresiasi upaya yang dilakukan Kantor BPN Kabupaten Pacitan yang melakukan Kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Masyarakat untuk mewujudkan Reforma Agraria untuk Penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan asset dan disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyatIndonesia.

Dalam pelaksanaannya Reforma Agraria memiliki agenda tugas antara lain, penguatan kerangka regulasi dan penyelesaian konflik Agraria.  Penataan dan pemilikan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), Kepastian hokum dan legitimasi asset atas TORA, Pemberdayan masyarakat dalam penggunaan, pemanfaatan dan produksi obyek Reforma Agraria dan Kelembagaan Pelaksanaan Reforma Agraria Pusat dan Daerah.

Guna mengimplementasikan poin ke lima tentang Kelembagaan Pelaksanaan Reforma Agraria di Pusat dan Daerah, maka dibentuklah Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA). Di Pacitan GTRA langsung menjalain koordinasi dengan berbagai unsur terutama Pemerintah Daerah dan Masyarakat dengan menggelar Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria.

Dalam Rapat tersebut peserta mendengarkan pemaparan program RPJMD Pemerintah Daerah dengan focus sinkronisasi asset tanah dibawah kewenangan Badan Pertanahan Kabupaten Pacitan. Empat materi dipaparkan Pejabat dari masing – masing Dinas Instansi terkait antara lain Bidang Kesejahteraan Rakyat, Pariwisata, Ekonomi,  Keuangan dan Perikanan.

Keempat season yang dipaparkan mendapatkan beragam tanggapan dari peserta dan Tim Gugus tugas reforma agraria terutama terkait masalah asset dan tanah yang menjadi obyek bidang. Dua masalah yang mengemuka adalah tentang tingginya harga tanah di kawasan obyek wisata dan keberadaan obyek tanah sebagai sarana penunjang wisata.  (*)

Please follow and like us:

prabangkara press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *