“Air Surga” Inovasi SMPN 1 Kebonagung, Perlu Sosialisasi Secara Maksimal

“Air Surga” Inovasi SMPN 1 Kebonagung,  Perlu  Sosialisasi Secara Maksimal
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || PACITAN – Berangkat dari keprihatinan maraknya sampah plastik botol minuman di lingkungan sekolah, SMPN 1 Kebonagung membuat sebuah inovasi menarik. Diberi nama Air Surga (Air Sebotol Seribu Rupiah Warga Sekolah Bebas Dahaga). Inovasi ini berhasil mengantarkan SMPN 1 Kebonagung maju dalam gelar Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Kabupaten.

Melalui inovasi “Air Surga”, siswa cukup membawa tempat air minum sendiri dari rumah dan mengisinya di sekolah. Dengan uang Rp.1000 siswa bisa minum sepuasnya dari air yang sudah disediakan pihak sekolah. Hebatnya lagi, untuk penyediaan air galon lembaga sekolah menjalin kerja sama dengan Bumdes pengelolaan air kemasan setempat.

SMPN 1 Kebonagung bukanlah satu-satunya pemilik inovasi pelayanan publik.  Ada 20 unit lembaga pelayanan publik lain yang juga turut ambil bagian dalam acara yang digelar selama dua hari di Gedung Gasibu Swadaya tersebut. Terdiri dari perangkat daerah, Puskesmas, TP PKK hingga desa.

Baca Juga  Hai Sobat Jangan Ragu, Nomor Layanan Pengaduan Bantuan Sosial Covid-19 Kementerian Sosial

“Karena ini inovasi yang tentu di luar kebiasaan, kalau kita tidak menyosialisasikan secara maksimal maka sayang sekali,” pesan Mas Aji.

Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji) menyampaikan hal tersebut saat membuka secara resmi “Gelar Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pacitan.” Sosialisasi menurut Mas Aji sangat penting agar masyarakat luas tahu, mengerti serta bisa menikmati manfaat dari sebuah inovasi tersebut.

“Mungkin ke depan acara seperti ini bisa digandengkan dengan event-vent lain dan durasinya lebih panjang lagi,” pungkasnya.

Gelar Inovasi Layanan Publik 2022 masih didominasi oleh lembaga pendidikan serta lembaga kesehatan. Selain gelar inovasi juga akan diselenggarakan workshop, pentas seni dan awarding UPP. Juga diserahkan penghargaan kepada 10 terbaik unit penyelenggara pelayanan publik, penghargaan bagi unit kerja terbaik pembangunan zona integritas dan penghargaan penganugerahan wilayah bebas korupsi. (*)

Baca Juga  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Meresmikan Rusun Asrama Mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Yogyakarta