Penemuan Petirtaan Kuno dengan Dua Bilik di Lereng Gunung Klotok, Kota Kediri

Penemuan Petirtaan Kuno dengan Dua Bilik di Lereng Gunung Klotok, Kota Kediri
SHARE

PRABANGKARANEWS || Pada tahap ekskavasi kedua yang dilakukan di lereng Gunung Klotok, di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, tim arkeolog berhasil mencapai sebuah pencapaian penting pada hari Jumat, tanggal 8 September 2023, pukul 10 pagi. Mereka berhasil menemukan petirtaan kuno yang melekat pada dinding Gunung Klotok.

Petirtaan ini memiliki dua bilik yang berhasil ditemukan, masing-masing dengan dimensi yang mencolok yaitu 3,6 x 4 meter dan 3 x 1,6 meter. Struktur ini terbuat dari batu bata dan ditemukan pada kedalaman yang bervariasi antara 0,3 hingga 1,2 meter di bawah permukaan tanah yang tidak rata, dilansir dari Bpk_wil_xi Sabtu (9/9/2023)

Penemuan Jaladwara ini sangat penting karena mencerminkan sejarah dan budaya yang kaya di daerah tersebut. Dua bilik yang ditemukan dalam petirtaan tersebut bisa menjadi petunjuk penting dalam mengungkap cerita di balik petirtaan ini, serta mungkin mengungkapkan fungsi dan makna dari struktur ini dalam konteks sejarah lokal. Ekskavasi ini merupakan langkah penting dalam upaya melestarikan warisan budaya dan sejarah di daerah tersebut, serta memberikan wawasan berharga tentang masa lalu yang mungkin telah terlupakan.

Baca Juga  Gugah Deso: Desa Kayen Pacitan Menghidupkan Kembali Program Rumah Pangan Lestari