Mengenal Lebih Dekat Dengan Brigadir Jenderal Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum

Mengenal Lebih Dekat Dengan  Brigadir Jenderal Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM | JAKARTA – Bapak baru dalam kehidupan Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, tanggal 12 Pebruari 2020, mendapatkan kenaikan pangkat dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi Brigadir Jenderal, berdasarkan surat telegram bernomor STR/6/II/KEP./2020.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/385/II/KEP/2020 tertanggal 3 Februari 2020. Kombes Pol. Zainal A. Paliwang akan kembali mengabdi di pusat, yakni Bareskrim Mabes Polri dengan jabatan baru sebagai Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II.

Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, mendapatkan kenaikan pangkat pada hari Kamis 13 Februari 2020 tadi, yang upacara kenaikan pangkat ini digelar di Rupattama Mabes Polri yang dimpimpin Kapolri Jenderal Idham Azis.

Sejak saat itulah Drs. Zainal A. Paliwang, S.H, M.Hum, yang sebelumnya berpangkat Kombes Pol, naik satu tingkat menjadi Brigadir Jenderal Polisi.

Baca Juga  Ketua Komite I Fachrul Razi : DPD RI dan Kemendagri akan Lakukan Evaluasi Terkait Usulan DOB yang Telah Masuk

ZAP biasa dipanggil, bersama istrinya Hj. Rahmawati, S.H dan dikarunia 3 orang anak. Anak pertama Nofandi yang saat ini berprofesi seperti ayahnya sebagai Anggota Polri di Samarinda, sementara anak kedua Raspidandi memilih profesi sebagai pengusaha, dan paling bungsu adalah Zarah yang masih kuliah di Bina Nusantara BSD Tangerang Banten.

Baca Juga: Prabangkaranews Media Group

Zainal A. Paliwang semua olahraga digemari yaitu; Basket, Sepak bola, Bola Volly, Karate, Pencak Silat dan lain-lain. Selain itu juga darah seni mengalir, bisa memainkan beberapa alat musik, bahkan terompet cukup piawai dimainkan. Bakat seni sudah nampak sejak remaja sudah menorehkan prestasi dan sempat menjadi salah satu wakil seni daerah tradisional asal Sulawesi Tengah (Sulteng) yang dikirim ke Ibukota Jakarta. Selain itu juga pandai memasak mulai makanan berat maupun ringan. Hobi dan kegemarannya melangkapi profesi Sang Jenderal yang kini bertugas di Bareskrim Polri Jakarta.

Baca Juga  Dosen ITB dan Tim Buat Panel Anti Peluru dari Serat Rami

Awal karier di Kepolisian, tahun 1982 dengan masuk Akademi Kepolisian di Makassar selama 4 tahun “Z Zainal A. Paliwang tempuh tahun 1986 lulus. Setelah lulus dari kepolisian bertugas bertugas di daerah; Sulawesi, Jogjakarta, Jawa Barat, NTB, Bali, Riau dan Aceh.

Pengalaman yang paling berharga bagi Zainal A. Paliwang (ZAP), ketika bertugas di Aceh masih dalam kondisi konflik hingga menjelang referendum. ZAP harus menghadapi berbagai karakter penduduk lokal yang menginginkan kemerdekaan, lalu dihadapkan dengan gesekan dengan aparat. Bahkan, sempat beberapa kali suasana mencekam dan diberondong dengan peluru dan lainnya.

Sebelum menjabat di Bareskrim, Zainal A. Paliwang (ZAP) bertugas di propinsi termuda Kalimantan Utara.  It Saat menjadi Wakapolda Kaltara banyak pengalaman yang berharga yang didapatkan di Kaltara Propinsi termuda di Indonesia. Kalimantan Utara dengan 4 Kabupaten dan 1 Kota memiliki ciri khas tersendiri dengan keunggulan tiap kabupaten dan kota di Kalimantan Utara.

Baca Juga  Tunjangan Profesi Guru Bakal Dihapus, PGRI Minta Kemendikbudristek Jujur dan Terbuka

Kaltara wilayahnya yang sangat luas, bahkan memiliki wilayah perbatasan negara Malaysia. Kaltara menjadi gerbang atau menjadi etalase Negara Kesatuan Republik Indonesia dihadapan Negara Malaysia dengan wilayah Entikong yang sudah dibangun dengan cukup baik itu.  Kalimantan Utara memiliki banyak potensi sumber daya alam (SDA) yang cukup berlimpah. Namun, belum dikelola secara maksimal seperti minyak, gas, tambang batubara dan mineral.

Publisher: Prabangkaranews Media Group