Berikut Tips Kembangkan Konten Berkualitas dan Menarik

Berikut Tips Kembangkan Konten Berkualitas dan Menarik
SHARE

Oleh: Agoes Hendriyanto

Jika kita sudah berhadapan dengan sebuah tulisan yang  dipublikasikan  yang merupakan bagian dari  karya jurnalistik harus mengacu pada kode jurnalistik.  Salah satunya membuat tulisan atau konten yang  menarik.  Apapaun tujuan  Anda untuk memiliki website, baik untuk bisnis atau hobi pribadi, sangat penting untuk menjalankannya dengan benar. Berikut tips kembangkan konten berkualitas dan menarik sebagai berikut.

Buat Konten Yang Orisinil

Percayalah pada keunikan pada diri Anda.  Tuhan Yang Maha Kuasa mengasih akal pikiran kita untuk dialirkan lewat tulisan-tulisan yang bermanfaat dan memberikan inspirasi.  Seperti telah disebutkan di atas, konten orisinil sejalan dengan Google dan pengunjung situs Anda. Menjiplak konten orang lain akan menyebabkan hukuman dari Google yang bisa membuat Anda kembali ke titik awal. Pelajari lebih lanjut tentang menulis konten untuk menaikkan peringkat situs.

Baca Juga  Ringkasan Buku Denny JA: Renungan Peradaban

Orisinil juga berarti orisinalitas. Ide Anda harus orisinil. Menggunakan konsep atau postingan yang sama lagi dan lagi berarti tidak orisinil. Bila konten Anda diterbitkan, tak akan ada yang memberi tautan padanya, dan ini berarti menyalahi tujuan menulis konten sedari awal.

Fokus Ciptakan Headline Yang Kuat

Headline yang baik membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Pertimbangkan statistik berikut:

  • 80 persen orang akan membaca headline Anda
  • Tapi hanya 20 persen dari orang tadi akan membaca seluruh isi konten Anda.

80 % yang akan membaca headline Anda hanya 20 % yang menuntaskan membeca. Sehingga jangan terlalu panjang dan buat semenarik mungkin .

Bisa Memberikan Jawaban ataupun Solusi

Baca Juga  Penyidik Polda Metro Jaya Akan Lakukan Penangkapan Rizieq Shihab Cs

Apa tujuan akhir dari mesin pencari di google? Ketika orang menggunakan mesin pencari, yang mereka inginkan adalah jawaban, dan menjadi tugas mesin pencari untuk memberikan jawaban. Sama halnya ketika orang membaca sebuah postingan blog, melihat infografik, atau menonton sebuah video, mereka menginginkan jawaban untuk mendapat pengetahuan. Satu tip penting untuk Anda, orang tidak hanya menginginkan jawaban, tapi mereka menginginkan jawaban dengan cepat. Jadi buat konten Anda mudah dibaca agar orang bisa menangkap bagian yang penting dengan cepat.

Akurat Dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi

Anda menulis sebuah artikel untuk blog perusahaan, ratusan orang membacanya tapi ternyata apa yang Anda tulis tidak akurat. Bisa Anda bayangkan dampak negatifnya pada perusahaan dan reputasi pribadi Anda. Ingat, website ataupun blog Anda merupakan  refleksi dari perusahaan Anda. Bila ada masalah dengan blog, akan berdampak pada bagaimana orang melihat produk Anda ataupun diri Anda.

Baca Juga  H. Firli Bahuri, Catatan Akhir Tahun KPK 'Menyongsong 2022'

Tulis Konten Pendek dan Fokus pada Masalah

Satu pelajaran menulis yang penting adalah membatasi kesalahan. Ini cukup menantang dan membutuhkan kerja keras, tapi membuat komposisi Anda jadi jauh lebih baik.  Tak ada yang lebih baik selain postingan  artikel yang singkat dan langsung pada inti persoalan yang berisi informasi.

Semoga tulisan ini bermanfaat bisa menjadikan Anda untuk menjadi penulis-penulis hebat ataupun jurnalis hebat dengan berpihak pada masyarakat. (*)


SHARE