Buku Kethek Ogleng Kesenian Monumental Asli Tanah Pacitan

Buku Kethek Ogleng Kesenian Monumental Asli Tanah Pacitan

Pacitan,- Buku yang berjudul KETHEK OGLENG Kesenian  Monumental Asli Tanah Pacitan ini sebagai wujud  kecintaan dan kebanggaan kami terhadap seni asli yang  ada di Pacitan.

Selain itu juga sebagai bukti kepedulian serta andil  kami sebagai masyarakat Pacitan dalam rangka melestarikan  sekaligus memperkenalkan kepada khalayak tentang seni yang  pertama kali diciptakan oleh Bapak Sutiman ini. Di mata kami seni Kethek Ogleng merupakan seni  masyarakat Pacitan yang indigenous sehingga mempunyai sisi  yang multidimensional khususnya dari segi sosial.

Meskipun  seni Kethek Ogleng ini diciptakan oleh individu, yakni Bapak  Sutiman tetapi karya tersebut saat ini telah mampu menembus
batas individualitas. Seni ini pelan tetapi pasti telah menjadi  kebanggaan secara komunal. Oleh karena itu, seni ini harus  mendapatkan apresiasi dan selalu digelorakan di tengah  masyarakat tempat seni ini lahir yaitu Kab.Pacitan. Kethek Ogleng Pacitan tahun 2019 telah mendapatkan penetapan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia  dengan nomor registrasi: 201900988.

Meskipun daerah lain banyak  yang menggunakan istilah Kethek Ogleng, kita yakin seni Kethek Ogleng dari Desa Tokawi ini lah yang terlebih dahulu ada daripada seni serupa dari daerah lain.

Silakan jika ingin mengetahui lebih jauh tentang Kethek Ogleng Pacitan.  Buku ini hasil kajian selama 2 tahun dalam melihat sisi historis serta nilai-nilai kearifan lokal, nilai religiusitas, nilai kelestarian alam serta nilai seni dan budaya.

Untuk mengetahui detail dari  Kethek Ogleng Pacitan, Buku Kethek Ogleng Kesenian Monumental Asli Tanah Pacitan. Untuk mendapatkan buku bisa hubungi PT.PMG dengan nomor wa. 085235845151. (*)

Please follow and like us:
Pin Share

prabangkara press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *