Fakultas Ilmu Budaya UNS, Selenggarakan  Lokakarya Publikasi Jurnal Internasional Bidang Humaniora

Fakultas Ilmu Budaya UNS, Selenggarakan  Lokakarya Publikasi Jurnal Internasional Bidang Humaniora
SHARE

Surakarta,- Lokakarya publikasi di Jurnal Internasional telah dilaksanakan  pada Kamis, 11 November 2021 Pukul 13.00-17.00 via zoom. Acara dibuka oleh panitia lokakarya yang diselenggakan oleh Fakultas Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta, tepat pukul 13.00 WIB, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan diikuti oleh peserta  ICNS2021 acara ini gratis sudah include biaya pendaftaran, cukup dengan upload sertifikat kepesertaan ICNSCS2021.  Acara dimoderatori oleh Asep Yudha Wirajaya, M.A dengan narasumber berjumlah 3 yaitu: 1) Prof. Dr. Sahid Teguh Widodo, M. Hum; 2) Prof. Dr.Bani Sudardi; dan 3)  Sopyan Ali, M. LI (penerjemah dan konsultan publikasi).

Prof Bani Sudardi menjelaskan sulitnya penerbitan bidang budaya di jurnal terindeks disebabkan beberapa aspek yakni:  bidang budaya dianggap aspek yang tidak menarik sehingga tersisih, sedikit jurnal dari bidang ilmu budaya, penerjemahan yang terkadang sulit dimengerti oleh editor jurnal bereptasi; banyaknya jurnal yang discontinued.  Hal tersebut menjadikan topic bidang budaya perlu perjuangan untuk menembus di jurnal bereputasi perlu adanya usaha giat untuk lolos.

Baca Juga  Pangdam I/BB, Harapkan Pramuka Saka Wira Kartika Jadi Agen Pemersatu Bangsa

Narasumber berikutnya Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. dengan Scopus ID 55573069700 Orchid ID: 0000-00003-1953-1509,  Scopus Index 4, memberikan tips agar kita sukses untuk tembus di jurnal bereputasi yaitu: 1) pilihlah judul yang kuat yang sifatnya universal jangan lokal dengan jumlah kata maksimal 10 kata; 2) jangan menulis judul abstrak atau terlalu kreatif langsung aja pada intinya tunjukkan bahwa judul Anda dapat berkontribusi pada inti pengetahuan; dan 3) hindari konteks studi Anda dalam judul.

Sedangkan Mas Sofyan Ali, M.LI menjelaskan bagaimana cara menerjemahkan kemudian cara mendapatkan sumber referensi yang bereputasi minimal 5 tahun terakhir. Selain itu menjelaskan jenis artikel pada publikasi sebagai berikut:

  • Full Articles: Publikasi Hasil-hasil Penelitian
  • Letters/Rapid atau Short Communications: Mengkomunikasikan Substansi yang Baru
  • Review Papers: Rangkuman Perkembangan Baru tentang suatu Topik (Biasanya Mensitasi Dari 100 Papers)
  • Erratum: Koreksi Paper Yang Telah Diterbitkan
Baca Juga  Upaya Pelestarian dan Pengembangan Kethek Ogleng Pacitan, Jawa Timur Indonesia

Selanjutnya acara juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari beberapa peserta dari UIN Malang, Litbang Depag, kemudian peserta dari mahasiswa S3 kajian Budaya yang menanyakan berbagai hal yang berkaitan publikasi di jurnal bereputasi.

Akhir acara Asep sebagai moderator mengucapkan terima kasih kepada narasumber, panitia, serta peserta yang hadir dalam acara Lokakarya publikasi di jurnal international.  (*)