Ir.Tjokorda Raka Sukawati Penemu Teknik Sosrobahu, dalam Buku Melangkah Tanpa Lelah

Ir.Tjokorda Raka Sukawati Penemu Teknik Sosrobahu, dalam Buku Melangkah Tanpa Lelah
SHARE

PARABANGKARANEWS.COM || Dalam menciptakan inovasi diperlukan dua hal, yakni keteguhan hati dan juga keberanian. Hal ini disampaikan Menteri Basuki  saat dalam peluncuran buku Melangkah Tanpa Lelah, biografi Ir. Tjokorda Raka Sukawati, di Auditorium Perpustakaan Nasional, Kamis  (9/12).

“Ir. Tjokorda Raka Sukawati merupakan penemu teknik Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH) atau Sosrobahu. Sebuah mahakarya yang telah mendunia dan telah diterapkan di berbagai proyek jalan layang di dalam dan luar negeri,” dikutip @kemenpupr Jum’at (31/12/2021).

Menteri Basuki berharap generasi muda dapat meneruskan semangat Ir. Tjokorda Raka Sukawati agar dapat terus menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk Indonesia maju.

Dalam buku Melangkah tanpa lelah tersebut diuraikan kisah hidup serta perjuangan Tjokorda Raka Sukmawati penemu teknik Sosrobahu yang mendunia.  Teknik Sosrobahu merupakan teknik konstruksi yang digunakan terutama untuk memutar bahu lengan beton jalan layang dan ditemukan oleh Tjokorda Raka Sukawati. Dengan teknik ini, lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di jalanan di bawahnya.

Baca Juga  Perhatikan Peredaran Udara di Ruang Berpendingin, pada Masa Pandemi COVID-19

Teknik ini dianggap sangat membantu dalam membuat jalan layang di kota-kota besar yang jelas memiliki kendala yakni terbatasnya ruang kota yang diberikan, terutama saat pengerjaan konstruksi serta kegiatan pembangunan infrastrukturnya tidak boleh mengganggu kegiatan masyarakat kota khususnya arus lalu-lintas dan kendaraan yang tidak mungkin dihentikan hanya karena alasan pembangunan jalan. (*)


SHARE
prabangkara