Fantastic ! Belanja Modal ‘Google’ 2022 Alokasikan 136,48 Triliun, 2 Kali PAD DKI Jakarta

Fantastic ! Belanja Modal ‘Google’ 2022 Alokasikan 136,48 Triliun, 2 Kali PAD DKI Jakarta
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || Perusahaan teknologi asal AS, Google, mengalokasikan dana sebesar US$ 9,5 miliar (sekitar Rp 136,48 triliun) untuk kebutuhan kantornya di AS dan pusat data sepanjang 2022.

Melansir dari laman cnbcindonesia, Minggu (17/4/2022), Google memutuskan akan banyak berinvestasi untuk infrastruktur kampus dan membuat produk yang lebih bagus alih-alih berinvestasi dengan membuka banyak kantor baru. Hal ini terjadi lantaran Google mulai menerapkan model kerjahybriddan tidak mewajibkan karyawannya bekerja dari kantor sepekan penuh.

“Kami percaya lebih penting dari sebelumnya untuk berinvestasi di kampus kami dan bahwa hal itu akan membuat produk yang lebih baik, kualitas hidup yang lebih besar bagi karyawan kami, dan komunitas yang lebih kuat,” kata CEO Alphabet dan Google Sundar Pichai.

Baca Juga  Jadi Kunci Stabilisator, Wapres Ma'ruf Amin Diapresiasi Banyak Pihak

Rencananya, pada 2022 ini Google akan membuka kantor di Atlanta, memperluas kantor di Austin dan New York, serta berinvestasi di Iowa, Nebraska, serta Tennessee untuk pembangunan pusat data baru. Rencana ini diharap membuka sekitar 12 ribu lapangan pekerjaan baru.

Sebagai perbandingan, pada 2021 lalu belanja modal Google untuk pengadaan kantor dan pusat data mencapai sekitar US$ 7 miliar, atau kurs $ =Rp.  14.300 kira-kira Rp. 100,1 triliun.  Belanja modal Google nilainya lebih besar dibanding Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta, ibu kota Indonesia.

Pada 2021 lalu, PAD DKI Jakarta mencapai Rp 41,63 triliun. Total, pendapatan DKI Jakarta sepanjang 2021 mencapai Rp 65,59 triliun. Jumlah ini dua kali lebih kecil dibanding belanja modal Google sepanjang 2022. (*)

Baca Juga  Hari Masuk Pertama Setelah Liburan Lebaran, Indrata Nur Bayuaji Bersama Gagarin Laksanakan Halal Bihalal dengan ASN Lingkup Pemkab Pacitan