Arka Kinari Gelar Konser dari Atas Kapal, Selipkan Pesan Lingkungan, di Pelabuhan Tamperan Pacitan

Arka Kinari Gelar Konser dari Atas Kapal, Selipkan Pesan Lingkungan, di  Pelabuhan Tamperan Pacitan
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || PACITAN – Melanjutkan misi, pemilik dan kru kapal Arka Kinari, Jumat (17/06/2022) malam mengelar konser dan pertunjukan di Pelabuhan Tamperan Pacitan. Konser ini sendiri dikemas berbeda karena dalam pertunjukan musik mereka menyelipkan sebuah kampanye lingkungan.

Disaksikan langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji bersama isteri, unsur Forkopimda serta khalayak umum Arka Kinari benar benar menyajikan tontonan yang spektakuler. Kapal dua tiang layar dengan panjang 18 meter tersebut disulap menjadi panggung pertunjukan lengkap dengan tata lampu serta sound system megah. Seluruh bagian kapal serta kru menjadi bagian langsung dari konser musik sepasang musisi lintas benua tersebut.

Tidak hanya musik yang indah nan etnik, kolaborasi Grey Filastine (Amerika Serikat-Spanyol) dan Nova Ruth (Indonesia) itu benar benar memukau penonton. Tayangan video kerusakan lingkungan dan dampak perubahan iklim dari rangkuman perjalanan Arka Kinari melintasi benua pun seakan menyatu menjadi satu pesan moral.

Baca Juga  Hadiri Halal Bihalal dan Sarasehan PGRI; Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Harapkan Guru Adaptif dengan Perubahan

“Bagus, bagus pertunjukan yang luar biasa,” ungkap Bupati terkagum.

Tanggapan serupa juga disampaikan Mukid, salah seorang penonton. Warga Desa Bangunsari itu sangat terkesan dengan pesan yang disampaikan karena merasa lebih bisa diterima.

“Dari kompilasi video yang ditampilkan dalam konser tadi kita jadi tahu bagaimana krisis iklim yang melanda dunia saat ini,” katanya.

Kapal Arka Kinari sendiri telah melakukan perjalanan cukup panjang yakni, dari Rotterdam, Belanda sejak Agustus 2019. Kabupaten Pacitan menjadi persinggahan karena memang masuk rute perjalanan yang direncanakan. Setiba di Pacitan seluruh kru kapal termasuk pemilik kapal sempat bertemu Bupati Pacitan serta melakukan dialog lingkungan dengan para komunitas. (prokopim pacitan)

Baca Juga  Webinar PBSI STKIP PGRI Pacitan, "Revitalisasi Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Budaya dalam Era Berkelimpahan: Menyongsong Tantangan Masa Depan"