Gugah Deso: Desa Kayen Pacitan Menghidupkan Kembali Program Rumah Pangan Lestari

Gugah Deso: Desa Kayen Pacitan Menghidupkan Kembali Program Rumah Pangan Lestari
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || PACITAN – Bagi warga Pacitan tentu tidak asing dengan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Kayen, Kecamatan Pacitan. Program yang dilaunching Presiden SBY 2011 silam tersebut menjadi awal gerakan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga yang sehat, bergizi dan murah.

Sempat berkembang pesat bahkan menjadi rujukan bagi daerah-daerah lain, program rumah pangan lestari berangsur meredup. Guna menghidupkan kembali, Pemerintah Desa Kayen menggelar acara Gugah Deso. Sebuah event untuk menggugah semangat warga sekaligus menjadikan Desa Kayen sebagai pelopor rumah pangan lestari.

“Kami ingin membangkitkan kembali semangat warga karena Desa Kayen ini dulu sangat terkenal,” ungkap Suharmoko, Kades Kayen, Kamis (18/05/2013).

Baca Juga  Ketua AMMI; Ibaratnya Kelompok Teroris OPM Tega Tipu Keluarga Sendiri

Gelaran Gugah Deso dibuka langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji ditandai dengan pengguntingan pita Kebun Bibit Desa (KBD) kawasan rumah pangan lestari Desa Kayen. Dalam pesannya Mas Aji mengatakan, KRPL ini adalah program yang baik jadi harus dilanjutkan. Harapannya, program tersebut akan memberi manfaat lebih bagi masyarakat.

“KRPL ini perlu dihidupkan, minimal membuat bahagia bagi masyarakat sekitar,” kata Mas Aji.

Mas Aji juga berpesan agar program sebagus ini dijaga dan dipertahankan. Sehingga kedepan akan lebih berkembang serta menjadi sumber perekonomian masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Bupati juga melakukan penanaman simbolis bibit tanaman produktif serta menyaksikan bazar UMKM masyarakat Desa Kayen.(*)