[VIDEO] Pantai Pangasan, Pacitan: Pesona Alami yang Terjaga dengan Kebersihan yang Konsisten

[VIDEO] Pantai Pangasan, Pacitan: Pesona Alami yang Terjaga dengan Kebersihan yang Konsisten
SHARE

Oleh:  Muhammad Habibburahman,  Unisha Risna Savira,   Yuvita Dian Mirosa  (*)

Pantai Pangasan, yang berlokasi di Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, adalah destinasi pantai yang menawarkan pesona alam yang luar biasa. Pantai ini menakjubkan pengunjung dengan formasi batu karang yang indah yang disapu oleh deburan ombak Samudra Hindia, sementara kejernihan airnya menjaga keanggunannya. Pantai ini juga sedang dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di Pacitan. Perjalanan menuju Pantai Pangasan disertai oleh pemandangan sawah di sepanjang pantai, yang menambah kesegaran dan keelokan pantai.

Namun, yang perlu terus dijaga adalah komitmen kuat untuk menjaga kebersihan pantai dari sampah. Ketika menginjakkan kaki di Pantai Pangasan, pengunjung disambut dengan pemandangan yang memukau. Ombak yang tenang menghiasi pantai, menciptakan suasana yang tenang dan damai. Pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih memberikan suasana keindahan yang menenangkan. Barisan pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai memberikan teduh alami yang menambah keasrian tempat ini.

Baca Juga  Indrata Nur Bayuaji; Upacara Adat "Sri Sedanan" Wujud Syukur Sekaligus Menjaga Tradisi

Namun, yang membedakan Pantai Pangasan adalah kesadaran dan upaya untuk menjaga kebersihan pantai. Di setiap sudut pantai, terdapat tempat sampah yang tersedia secara strategis dan mudah dijangkau oleh pengunjung. Wadah sampah yang terpisah untuk sampah organik dan non-organik, serta fasilitas daur ulang, membantu dalam memisahkan limbah dengan efektif. Selain itu, tim kebersihan pantai yang berdedikasi secara teratur mengelola dan memantau kebersihan pantai.

Mereka memastikan bahwa tempat sampah dikosongkan secara teratur dan pantai tetap bersih dan terjaga dengan baik. Para pengunjung juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan pantai. Papan informasi yang dipasang di sekitar pantai memberikan penekanan tentang pentingnya menjaga kebersihan alam dan menghindari penggunaan plastik sekali pakai.

Baca Juga  Keindahan Pesona Alam Pantai "Watu Karung" Pacitan

Kesadaran akan kebersihan pantai di Pantai Pangasan tercermin dalam partisipasi aktif para pengunjung. Mereka membawa tas khusus atau wadah untuk menyimpan sampah mereka sendiri. Jika mereka menemukan sampah di sepanjang pantai, mereka dengan cermat mengumpulkannya dan membuangnya pada tempat sampah yang tersedia.

Dengan adanya kesadaran dan komitmen untuk menjaga kebersihan pantai, Pantai Pangasan tetap terjaga keindahannya. Kebersihan pantai yang terjaga bukan hanya memberikan kesan indah bagi pengunjung, tetapi juga berdampak positif pada ekosistem laut yang ada di sekitarnya. Pantai Pangasan menjadi surga alam yang tidak hanya mempesona tetapi juga berkelanjutan.

 

(*) Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan