Dies Natalis Ke-31 STKIP PGRI Pacitan Dimeriahkan oleh Kompetisi Debat Mahasiswa 2023

Dies Natalis Ke-31 STKIP PGRI Pacitan Dimeriahkan oleh Kompetisi Debat Mahasiswa 2023
SHARE

PRABANGKARANEWS || Pacitan, 25 Juni 2023 – Dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-31 STKIP PGRI Pacitan, Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia menggelar Kompetisi Debat Mahasiswa 2023 dengan tema “Memperkuat Karakter dan Daya Saing Mahasiswa Melalui Kemampuan Berpikir Kritis dan Analitis”. Kompetisi ini berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 24 hingga 25 Juni 2023.

Kompetisi ini diadakan dengan tujuan utama untuk melatih mahasiswa dalam berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, serta menumbuhkan keterampilan berbicara yang baik dengan kemampuan menyampaikan argumentasi secara logis dan sikap yang santun. Dalam sambutannya, Ketua Penyelenggara Kegiatan, Binti Rohmatul Hidayah, berharap bahwa kompetisi ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta.

Baca Juga  Koramil 0801/07 Ngadirojo Bersama Polsek dan BPBD Pacitan, Evakuasi Satu Jenasah Korban Laka Laut

Pada hari pertama kompetisi, dilaksanakan babak penyisihan yang diikuti oleh delapan tim yang berasal dari berbagai program studi di STKIP PGRI Pacitan. Peserta dengan penuh semangat menyampaikan argumentasi mereka dengan menggunakan bahasa yang baik dan sikap yang profesional. Para peserta berusaha mempertahankan pandangan mereka dengan mengedepankan berpikir kritis dan analitis.

Sementara itu, pada hari kedua kompetisi, dilangsungkan babak final yang mempertemukan dua tim terbaik. Tim dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang terdiri dari Dzi Syafiqoh dan Nadia Carolina Hardanti berhasil mencapai babak final. Mereka bertanding melawan tim dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang terdiri dari Yoga Pratama Putra dan Kingkin Pindialesta. Pertandingan sengit dan penuh semangat terjadi antara kedua tim ini.

Baca Juga  Jaksa Agung, Pentingnya Jaksa Berpedoman pada Nilai-nilai Hukum di Masyarakat

Setelah melalui perdebatan yang menarik, tim dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berhasil keluar sebagai pemenang kompetisi ini. Mereka mampu menyampaikan argumen-argumen yang kuat dan memiliki kemampuan berpikir kritis yang mengesankan.

Acara kompetisi diakhiri dengan momen penyerahan piala bergilir kepada tim pemenang oleh panitia penyelenggara. Piala bergilir tersebut menjadi simbol prestasi dan pengakuan atas kerja keras tim dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Dengan diadakannya Kompetisi Debat Mahasiswa ini, STKIP PGRI Pacitan menunjukkan komitmen dalam mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis dan analitis mahasiswa. Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wahana pembelajaran yang berharga dan melahirkan generasi mahasiswa yang berpotensi dan berkualitas dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia.

Baca Juga  Kasus Dugaan Ujaran Kebencian Bahar bin Smith, Polisi Periksa 50 Saksi dan 6 Barang Bukti