E-Parkir Sukses Dongkrak Penerimaan Retribusi Parkir di Ponorogo, Pendapatan Meningkat Signifikan

E-Parkir Sukses Dongkrak Penerimaan Retribusi Parkir di Ponorogo, Pendapatan Meningkat Signifikan
SHARE

PRABANGKARANEWS || PONOROGO – Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, melaporkan keberhasilan sistem parkir elektronik atau e-parkir dalam meningkatkan penerimaan retribusi parkir di wilayahnya. Setelah diberlakukan secara resmi, sistem baru ini telah membawa perubahan positif yang signifikan.

Menurut Plt. Kepala Dishub Kabupaten Ponorogo, Setiyo Hari Sujatmiko, meskipun e-parkir masih dalam tahap awal, angka setoran harian dan bulanan mencatatkan peningkatan yang cukup besar dibandingkan sebelumnya saat belum diterapkan uji coba parkir elektronik.

Data penerimaan retribusi parkir bulan Mei 2023 menjadi bukti awal kesuksesan penerapan e-parkir. Pada periode tersebut, pendapatan dari sektor retribusi parkir mencapai lebih dari Rp134 juta. Jumlah ini jauh melebihi pendapatan rata-rata bulanan sebelumnya, yang tidak melebihi Rp83 juta setiap bulan dari Januari hingga April.

Baca Juga  Anugerah Kebudayaan Indonesia 2022, Kuatkan Ponorogo Sebagai Kota Budaya

Perlu dicatat bahwa hasil rekapitulasi pendapatan retribusi sebelumnya menunjukkan tren penurunan setiap bulannya. Pemasukan pada Januari sekitar Rp82 juta, Februari turun menjadi Rp80 juta, Maret turun lagi menjadi Rp77 juta, dan April hanya mencapai Rp44 juta.

Plt. Kepala Dishub Ponorogo menyampaikan bahwa penerapan e-parkir tidak hanya meningkatkan penerimaan, tetapi juga memungkinkan transaksi parkir yang lebih terpercaya dan terekam dengan baik. Keberhasilan ini sangat membanggakan, dikutip dari laman Antaranews.com Sabtu (17/6/2023).

Meskipun demikian, keputusan mengenai penerapan permanen e-parkir masih menunggu evaluasi dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), karena terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dishub hanya bertindak sebagai pelaksana teknis kebijakan tersebut.

Baca Juga  Bupati Indrata Nur Bayuaji, Program Kotaku Wujudkan Pacitan Tanpa Kumuh

Dalam menghadapi resistensi atau penolakan dari para juru parkir, Setiyo mengatakan bahwa saat ini masih dalam proses transisi. Ia menganggap penolakan tersebut sebagai hal yang wajar. Keputusan mengenai kelanjutan uji coba e-parkir akan diputuskan dalam rapat evaluasi yang akan datang.

Penerapan e-parkir di Ponorogo telah membawa dampak positif dan memberikan harapan baru dalam meningkatkan penerimaan retribusi parkir. Diharapkan bahwa sistem ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta kemajuan wilayah Kabupaten Ponorogo.