Pemanfaatkan Daun Kering untuk Pembuatan Pupuk Organik

Pemanfaatkan Daun Kering  untuk Pembuatan Pupuk Organik
SHARE

PRABANGKARANEWS || Sampah organik termasuk daun yang sudah kering memiliki nilai lebih dan bisa  berguna. Pemanfaatan daun yang sudah kering dapat digunakan untuk pembuatan pupuk kompos organik.

Pupuk kompos organik merupakan pupuk yang berasal dari bahan-bahan alamiah atau organik dan tentunya bersifat ramah lingkungan. Pupuk merupakan bagian penting dalam bertani, tanaman dapat tumbuh subur jika ditambahkan dengan pupuk.

Petani  Jono Jum.at (15/3/24) warga RT.02, RW. 01,  Lingkungan Pucangrejo, Kelurahan Pucangsewu, menjelaskan kepada jurnalis penggunakan pupuk organik untuk menyuburkan tanamannya.  Pupuk organik atau  pupuk kompos organik terbuat  dari sampah daun kering, terutama daun Trembesi  diperoleh dari area stadion Pacitan yang sudah berguguran, dan berserakan di halaman stadion.  Selain membuat kawasan stadion mnejadi bersih, daun yang sudah dikumpulkan tadi digunakan sebagai bahan baku pupuk kompos.

Baca Juga  Pakar Politik AS: Pemilih Hispanic Bakal Beralih ke Partai Republik

“Dalam pembuatan pupuk kompos organik terdapat beberapa langkah – langkah yang harus dilakukan, pertama menyiapkan bahan yang dibutuhkan berupa satu karung daun kering, kedua bakar daun kering hingga matang berwarna kecokelatan serta tambahkan air dan campur hingga rata, ketiga dibiarkan beberapa hari hingga berubah menjadi pupuk kompos organik ,“ujar  Jono.

Mbah jono menjelaskan  manfaat pupuk tersebut seetelah dia gunakan pada tanaman padi yang berada di lingkungan Pucangrejo, Kelurahan Pucangsewu. Setelah menggunakan pupuk  kompos organik tersebut memberikan dampak terhadap tumbuhnya tanaman dengan sangat subur sehingga hasil panen yang dihasilkan memuaskan, selain itu penggunaan pupuk kompos organik sangat membantu mengurangi pengeluaran dalam membeli pupuk kimia.

Pewarta: Arifah Nur H_PGSD STKIP PGRI Pacitan

Baca Juga  Dandim Aceh Selatan : Binjaringter Wujud Kedekatan TNI Dengan Masyarakat