Pengamat Politik P3S  Jerry Massie, Prabowo-Gibran Didorong Membentuk Rumah Transisi

Pengamat Politik P3S  Jerry Massie, Prabowo-Gibran Didorong Membentuk Rumah Transisi
Gambar: Jerry Massie (Direktur P3S)
SHARE

PRABANGKARANEWS || JAKARTA – Pengamat Politik P3S  Jerry Massie, Prabowo-Gibran didorong untuk membentuk rumah transisi seperti dilakukan Presiden Jokowi setelah unggul dalam Pilpres 2014,  sebagai jembatan dari pemerintahan Jokowi ke Prabowo.

“Memang sangat penting rumah transisi sebagai jembatan dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf ke pemerintahan yang baru, Prabowo-Gibran. Rumah transisi tempat berkumpul koalisi 02 ini untuk membahas soal kabinet ke depan,” ujar Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, dalam keterangan tertulis yang diterima, jurnalis Prabangkaranews, Rabu (20/3/2024).

Menurutnya, jika Prabowo-Gibran menggunakan kantor-kantor dari DPP partai pengusung, maka akan terlihat kurang elegan. Menurutnya, penggunaan rumah transisi ini hanya untuk sementara waktu, sampai pada pelantikan dan beberapa waktu setelah pelantikan.

Baca Juga  54 Orang Meninggal Akibat Gelombang Panas di Uttar Pradesh: Distrik Ballia Terdampak Parah

“Dan nama-nama seperti Habiburokhman, Ahmad Muzani, Wihadi Wiyanto, Viva Yoga Maulana, Herman Khaeron, Ace Hasan, Rosan Roeslani, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, mewakili timses atau tim pemenangan Prabowo-Gibran, bahkan Sekjen-sekjen koalisi parpol pendukung,” sambungnya.

Selain itu, Jerry juga menyarankan agar susunan kabinet mendatang harus diberlakukan secara adil dan merata dari partai-partai pengusung Prabowo-Gibran.

“Contoh Gerindra 6-7 jatah menteri, Golkar 5-6 menteri, PAN 2-3, Demokrat 2-3 dan PSI 1-2, PBB 1, Garuda 1. Sisanya mewakili kalangan independen, praktisi, akademisi atau profesional,” tutupnya.

Sebelumnya, Komunitas Aktivis Milenial Indonesia (KAMI) mendorong Prabowo-Gibran untuk membentuk Rumah Transisi, seperti halnya pemerintahan Jokowi-JK pada 2014.

“Membentuk Rumah Transisi jelas lebih konkret, seperti dilakukan Jokowi-JK pasca-Pilpres 2014 untuk memperlancar transisi pemerintahan,” ujar Ketua Umum Gen KAMI, Ilham Latupono kepada wartawan di Jakarta, Minggu (17/3/2024). (Hendriyanto)

Baca Juga  PPWI Peduli, Salurkan Bantuan Sosial dari Yayasan Sarupa Bandung