“Candi Pari” Peninggalan Klasik Hindu-Budha di Porong, Sidoharjo

“Candi Pari” Peninggalan  Klasik Hindu-Budha di Porong, Sidoharjo
Gambar: Candi Pari merupakan candi peninggalan masa klasik Hindu-Buddha, Porong, Sidoarjo.
SHARE

PRABANGKARANEWS || BPK_XI- Candi Pari adalah sebuah situs candi peninggalan masa klasik Hindu-Buddha yang terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Candi ini dibangun dengan menggunakan bahan batu bata dan menghadap ke arah barat. Salah satu ciri khasnya adalah adanya batu bertuliskan angka tahun 1293 Saka atau 1371 Masehi yang terletak di bagian atas gerbang candi. Angka ini menunjukkan masa pemerintahan Hayam Wuruk, Raja Majapahit pada saat itu.

Selama masa pemerintahan Kolonial Belanda, Candi Pari pernah didata oleh J. Knebel dalam Rapporten Van De Comissie In Nederlandsch Indie voor Oudheidkundig Onderzoek Op Java en Madoera. Ini menunjukkan bahwa candi ini telah menjadi objek penelitian dan perhatian sejak zaman kolonial, dikutip dari BPK_XI Rabu (20/3/24).

Baca Juga  Panglima TNI : Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia Bergerak Ke Arah Yang Lebih Baik

Dari deskripsi ini, dapat disimpulkan bahwa Candi Pari adalah sebuah situs bersejarah yang penting, mengandung nilai arkeologis dan sejarah yang tinggi. Keberadaannya mencerminkan kekayaan budaya dan warisan masa lalu Indonesia, serta merupakan saksi bisu dari masa kejayaan kerajaan Hindu-Buddha di wilayah Jawa Timur.