Peresmian Museum Song Terus: Bagian dari Peluncuran Indonesian Heritage Agency oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim

Peresmian Museum Song Terus: Bagian dari Peluncuran Indonesian Heritage Agency oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim
Nadiem Makarim Didampingi Kepala BPK-XI, Bupati Pacitan menyaksikan Wayang Beber Tawangalun
SHARE

PRABANGKARANEWS || Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, mendampingi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim, dalam peresmian Museum dan Cagar Budaya Song Terus di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan.

Terlihat Kepala  Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XI, Endah Budi Heryani, SS., MM., turut hadir dalam kegiatan peresmian yang  yang berlangsung pada Kamis (16/05) ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Mendikbudristek.

Acara ini merupakan bagian dari peluncuran program Indonesian Heritage Agency (IHA), sebuah inisiatif dari Kemendikbudristek RI. IHA bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan 34 cagar budaya nasional, dengan tujuan melestarikan dan memanfaatkan warisan budaya Indonesia secara optimal.

Baca Juga  Shin Tae-yong tak Jumawa, Jelang Bentrok Lawan Yordania Kualifikasi Piala Asia U-23

Kedatangan Menteri Nadiem Makarim disambut oleh pertunjukan tari kolosal Rontek Garudheya, sebuah kesenian asli Pacitan yang ditampilkan dengan megah. Setelah menandatangani prasasti, Menteri Nadiem, didampingi oleh Bupati Pacitan dan jajaran Kemendikbudristek, melihat dari dekat koleksi museum.

“Selain itu juga melihat Wayang Beber Tawangalun, yang umurnya ratusan tahun yang merupakan Warisan Budaya takBenda Indonesia  berasal dari Pacitan.  Tri Hartanto  mempertunjukan Wayang beber kepada Menteri Nadiem Makarim.

“Saya sangat terkesan dengan keindahan dan pengelolaan museum ini. Tolong dijaga dan dirawat dengan baik agar bisa menjadi contoh bagi museum-museum lain,” pesan Nadiem Makarim.

Setelah peresmian di Pacitan, Menteri Nadiem melanjutkan agendanya ke Yogyakarta untuk meresmikan Museum Benteng Vredeburg. Kedua peresmian ini menandai peluncuran program Indonesian Heritage Agency (IHA).

Baca Juga  Kemenhub Terbitkan Aturan Pengendalian Transportasi Menuju Masyarakat Aman COVID-19 dan Produktif