Staycation di Lereng Gunung Welirang: Pilihan Liburan Seru di Mojokerto

Staycation di Lereng Gunung Welirang: Pilihan Liburan Seru di Mojokerto
SHARE

Oleh: Louis Rika Stevani

Mojokerto – Dikutip dari ANTARA,  Istilah “staycation” kini semakin populer saat membahas liburan, piknik, atau “healing”. Menurut laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI), staycation merupakan kombinasi dari kata Bahasa Inggris “stay” (tinggal) dan “vacation” (liburan).

Konsep staycation muncul selama masa adaptasi kebiasaan baru atau “new normal” saat pandemi COVID-19. Wisatawan cukup menginap di hotel atau berlibur di lokasi dekat tempat tinggal untuk melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga dan orang-orang tercinta, guna menciptakan momen kebersamaan serta menghilangkan kebosanan dengan aman selama pandemi.

Pasca pandemi, staycation menjadi tren liburan baru yang diminati banyak orang. Banyak akomodasi wisata dengan konsep staycation kini tersedia, termasuk di kawasan lereng Gunung Welirang, Desa Padusan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat staycation di dataran tinggi Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto:

  1. Pemandian Air Panas Padusan

Terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Pemandian Air Panas Padusan menawarkan kolam air panas alami dari Gunung Welirang. Air panas yang mengandung belerang dipercaya dapat menghilangkan penat setelah aktivitas sehari-hari. Dengan harga tiket Rp15.000 per orang, wisatawan bisa menikmati tiga level kepanasan di kolam ini. Selain Padusan, ada juga pemandian air panas lainnya seperti Pemandian Air Panas Pacet dan D’Qoem-Qoem yang lebih privat.

Baca Juga  Gandrung Sewu Banyuwangi Resmi Masuk Agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022

  1. Glamping di Bobocabin Padusan

Setelah berendam air panas, wisatawan bisa menikmati glamping di Bobocabin Padusan, Pacet. Dengan suasana hutan pinus yang sejuk dan pemandangan Gunung Welirang, Bobocabin Padusan menyediakan 33 kabin dengan teknologi “Internet of Things” (IoT). Fasilitas kabin meliputi selimut, handuk, air mineral, pembuat minuman panas, perlengkapan mandi, dan “water heater”. Ada juga “shared kitchen”, area “communal”, dan koneksi wifi. Wisatawan bisa menikmati barbeque dan api unggun di malam hari, menciptakan suasana harmonis dan akrab. Warung warga sekitar menjual aneka gorengan dan minuman hangat yang cocok dinikmati saat udara dingin.

  1. Belanja di Pasar Wisata Padusan

Pasar Wisata Padusan di Pacet menjual aneka hasil pertanian hortikultura dari lereng gunung setempat. Wisatawan bisa berbelanja buah dan sayuran segar dengan harga terjangkau, serta aneka umbi seperti ubi jalar ungu, ubi jalar oranye, dan kentang. Ada juga aneka jajanan oleh-oleh setempat.

Baca Juga  Gibran Rakabuming Raka Temui Ketum Demokrat AHY

Staycation di kawasan Padusan, lereng Gunung Welirang, Kabupaten Mojokerto, bisa menjadi pilihan liburan seru untuk akhir pekan atau liburan sekolah di bulan Juni ini.

Fasilitas yang tersedia di lereng Gunung Welirang benar-benar memanjakan wisatawan yang ingin refreshing sejenak dari aktivitas sehari-hari. Kesejukan hawa pegunungan menjadi daya tarik utama, memberikan udara segar yang menenangkan. Wisatawan dapat menikmati pemandian air panas alami, yang tidak hanya menyejukkan tetapi juga memiliki manfaat kesehatan berkat kandungan belerangnya.

Selain relaksasi di pemandian air panas, wisatawan dapat menikmati pengalaman glamping di Bobocabin Padusan. Dengan suasana alam hutan pinus yang asri dan sejuk, serta pemandangan dataran tinggi Gunung Welirang, glamping di sini menawarkan kenyamanan yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Kabin-kabin di Bobocabin dilengkapi dengan fasilitas modern seperti “smart glass window”, “mood lamp”, dan audio speaker yang dapat dikendalikan dari aplikasi. Fasilitas tambahan seperti “shared kitchen”, area “communal”, dan koneksi wifi membuat pengalaman menginap semakin menyenangkan.

Baca Juga  Warung Makan dan Kopi: Diskon 10% untuk Nobar Steak Enak di UMS

Wisatawan juga dapat menikmati kegiatan barbeque dan api unggun di malam hari, menciptakan suasana harmonis dan akrab bersama keluarga atau teman-teman. Warung-warung lokal menyediakan aneka gorengan dan minuman hangat yang cocok dinikmati saat udara mulai dingin, menambah kenyamanan dan kenikmatan staycation.

Tidak hanya itu, Pasar Wisata Padusan menjual aneka buah dan sayuran segar dari lereng gunung setempat. Wisatawan bisa berbelanja berbagai hasil pertanian seperti ubi jalar ungu, ubi jalar oranye, kentang, serta aneka jajanan oleh-oleh khas daerah tersebut. Belanja di pasar ini memberikan pengalaman unik dan menyenangkan, di mana wisatawan bisa mendapatkan produk segar dengan harga terjangkau.

Secara keseluruhan, staycation di lereng Gunung Welirang adalah pilihan yang tepat untuk wisatawan yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam serta fasilitas yang lengkap dan memanjakan.