STKIP PGRI Pacitan Jalin Kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana UNY untuk Tingkatkan Kualitas Akademik

STKIP PGRI Pacitan Jalin Kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana UNY untuk Tingkatkan Kualitas Akademik
SHARE

PRABANGKARANEWS || STKIP PGRI Pacitan menjalin kerjasama dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk meningkatkan kualitas akademik dosen dan tenaga kependidikannya. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di kampus STKIP PGRI Pacitan pada Senin, 27 Mei 2024.

Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr. Mukodi, mengungkapkan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia di lingkungan STKIP PGRI Pacitan. “Melalui MoU ini, kami berharap para dosen dapat meningkatkan kualitas akademik mereka melalui pendidikan lanjutan hingga jenjang strata 3. Selain itu, tenaga kependidikan yang belum meraih gelar S2 dapat melanjutkan studi mereka,” jelasnya.

Mukodi menambahkan bahwa kerjasama ini memberikan STKIP PGRI Pacitan beberapa kemudahan, terutama dalam hal perkuliahan dan pendanaan yang bersifat fleksibel. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur Pascasarjana UNY beserta para wakil direktur dan kaprodi yang hadir. Terdapat setidaknya delapan guru besar yang turut serta dalam kunjungan ini, serta empat doktor,” ujarnya.

Baca Juga  [VIDEO] Keindahan Alam dan Pemandangan Matahari Terbenam di Sky View, Kismantoro, Wonogiri

Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh pejabat dari kedua belah pihak, termasuk Direktur Pascasarjana UNY Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO, dan para wakil ketua STKIP PGRI Pacitan. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua institusi.

Bagi STKIP PGRI Pacitan, kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas akademik dosen dan tenaga kependidikannya, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan di institusi tersebut. Sementara bagi UNY, kerjasama ini merupakan kesempatan untuk memperluas jangkauan program pascasarjana mereka dan berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di Pacitan.

Setelah penandatanganan MoU, kedua institusi akan segera menindaklanjuti dengan menyusun program-program kerjasama yang konkret. Program-program tersebut meliputi penyelenggaraan seminar dan workshop untuk meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan STKIP PGRI Pacitan, pemberian beasiswa bagi dosen dan tenaga kependidikan yang ingin melanjutkan studi S3 di UNY, serta fasilitasi penelitian dan publikasi.

Baca Juga  Figo Dennis Berharap Timnas U-17 Versus Ekuador Bisa Menang

Kerjasama antara STKIP PGRI Pacitan dan UNY ini merupakan langkah positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Pacitan. “Semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat di masa depan,” tutup Mukodi.