Kunjungan Mahasiswa Sastra UNS ke Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran

Kunjungan Mahasiswa Sastra UNS ke Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran
SHARE

PRABANGKARANEWS || FIB UNS – Mahasiswa Sastra Indonesia dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret angkatan 2021 mengunjungi Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran pada Rabu pagi (05/06/2024).

Sebelumnya, mereka telah melakukan studi lapangan konservasi naskah di Perpustakaan Sasana Pustaka Keraton Kasunanan Surakarta. Namun, kunjungan kali ini sedikit terhambat karena koleksi naskah di Reksa Pustaka sedang menjalani perawatan fumigasi.

Meskipun begitu, para mahasiswa tetap disambut hangat oleh Kepala Perpustakaan Reksa Pustaka, Ibu Darweni, M. Hum. Ia menjelaskan bahwa fumigasi dilakukan setiap tahun untuk menjaga kondisi naskah, dengan proses yang memakan waktu sekitar seminggu.

Bu Darweni juga mengungkapkan bahwa Reksa Pustaka memiliki sekitar 750 naskah yang telah dikatalogisasi, dengan proses katalogisasi awal dilakukan oleh Nency K. Florida pada tahun 1985 dan dilanjutkan oleh pihak perpustakaan setelah dibuka untuk umum pada tahun 1976. Selain itu, perpustakaan ini juga melakukan berbagai perawatan seperti pembersihan lontar setahun sekali, digitalisasi, alih aksara, dan alih bahasa.

Baca Juga  Pasokan Makanan yang Berkelanjutan dan Aman Sangat Dibutuhkan saat Pandemik Covid-19

Perpustakaan ini menggunakan AC 24 jam untuk menjaga suhu, serta silica gel dan kapur barus yang diganti setiap tiga bulan untuk mengontrol kelembapan. Foto-foto dalam koleksi disimpan dalam amplop khusus untuk perlindungan.

Reksa Pustaka terbuka untuk umum dengan biaya Rp. 5000 untuk lima kali kunjungan, digunakan untuk pemeliharaan koleksi. Jam operasionalnya dari pukul 9 pagi hingga 2 siang, dan tutup pada tanggal merah serta hari libur nasional.

Penulis: Aulia Istikhomah