Ribuan Warga Pacitan Berpartisipasi Aksi Bersih Pantai Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Ribuan Warga Pacitan Berpartisipasi Aksi Bersih Pantai  Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji
SHARE

PRABANGKARANEWS || Ribuan warga berkumpul di Pantai Pancer Door, Pacitan, untuk melakukan aksi bersih-bersih pantai. Peserta aksi berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk pemerintah, swasta, pelajar, dan komunitas peduli lingkungan, bahkan ada yang datang dari kabupaten sekitar.

Aksi Bersih Pantai Pancer Door ini diadakan untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan. Acara ini dibuka oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, pada Selasa (11/06).

Bupati Indrata Nur Bayuaji mengajak seluruh warga Pacitan untuk peduli lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Menurutnya, pengelolaan sampah harus dimulai dari tingkat keluarga untuk mempermudah penanganan sampah di hilir. Aksi bersih pantai ini juga merupakan bagian dari upaya Indonesia menuju Net Zero Emission 2050 sesuai Konvensi Paris, termasuk penanaman pohon di Kabupaten Banyuwangi.

Baca Juga  Kabupaten Banyuwangi Kembali Menjadi Kabupaten Terinovatif se-Indonesia

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Jempin Marbun, menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah provinsi, pemerintah daerah, badan usaha, dan masyarakat. Para peserta memungut sampah di sepanjang pantai, memilah sampah organik dan non-organik, dengan sampah non-organik yang terkumpul terbanyak mendapatkan hadiah dan doorprize. Acara ini juga dihadiri oleh Forkopimda Pacitan dan jajaran Dinas Lingkungan Hidup se-Jawa Timur.