Bertahan Saat Pandemi Covid-19, Sektor TIK Tahun 2020 Tumbuh 10,58 %

Bertahan Saat Pandemi Covid-19,  Sektor TIK Tahun 2020 Tumbuh 10,58 %

Masa pandemi sejak 1 tahun 5 bulan terakhir telah memberikan porsi lebih banyak bagi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk semakin berkembang. Terlebih ketika pemerintah mengimbau masyarakat untuk lebih banyak berkegiatan dari rumah untuk mencegah bahaya penularan virus corona. Data Badan Pusat Statistik mencatat, sepanjang 2020, selama pandemi terjadi peningkatan pemakaian internet untuk berbagai keperluan mencapai 442 persen.

Kementerian Komunikasi dan Informatika merasakan terjadinya peningkatan tersebut. Sektor TIK adalah satu-satunya yang mengalami pertumbuhan dalam tiga kuartal sepanjang 2020. “Secara kumulatif di 2020, sektor informatika dan komunikasi tumbuh 10,58 persen. Artinya sektor ini memiliki peluang yang luar biasa Untuk dioptimalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, dalam konferensi pers yang digelar virtual, Kamis (22/7/2021).

Angka itu disumbang oleh maraknya pemakaian internet untuk kegiatan pemesanan barang dalam kerangka e-dagang, karyawan-karyawan yang bekerja dari rumah (work from home). Kemudian ada sebanyak 68.729.037 pelajar dan mahasiswa, mengutip data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Umumnya, mereka mengakses jaringan internet dari gawai seperti telepon seluler dan laptop. Mereka adalah bagian dari 196,7 juta pemakai internet seperti dikutip dari data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

 

Please follow and like us:

prabangkara press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *