Manfaatkan Lahan Tidur, Peporma Dampingi Bumdes Agung Kencana Tambakmas Kembangkan Porang

Manfaatkan Lahan Tidur, Peporma Dampingi Bumdes Agung Kencana Tambakmas Kembangkan Porang

MAGETAN-Memanfaatkan lahan tidur luas yang terdapat di wilayah Desa Tambakmas, Kec.Sukomoro,  Kab.Magetan melalui Bumdes “Agung Kencono” dengan menggandeng Peporma( Petani Porang Magetan) berencana untuk mengembangkan Tanaman Porang pada lahan tidur tersebut agar menjadi lahan produktif.

Kegiatan penanaman Porang telah dilakukan di lahan seluas 1 Ha yang berada di Desa Tambakmas, Kec.Sukomoro, Kab. Magetan dengan menanam bibit Porang  1,29 kwintal.   Pada kegiatan tersebut dihadiri Camat Sukomoro, Kepala Desa Tambakmas, PPL Dinas Kehutanan Cabang Madiun,  Petani Porang Magetan, serta masyarakat Desa Tambakmas, Jum’at (12/11/2021).

Ketua Bumdes “Agung Kencono”  Sukarwo kepada jurnalis di lokasi,  menjelaskan kegiatan penanaman Porang di lahan 1 Ha dengan 6 kelompok tani ini menandai Porang menjadi salah satu unit usaha dan kegiatan pertama “Bumdes Agung Kencono”,  Desa Tambakmas, Kec.Sukomoro, Kab.Magetan.

“Porang untuk sementara menjadi unit usaha bumdes yang pertama kali, mungkin satu-satunya unit usaha Porang yang ada di wilayah Magetan.Apalagi pangsa pasar porang akhir-akhir ini terus meningkat sehingga prospeknya bagus untuk dikembangkan,”kata Sukarwo.

Sukarwo mengharapkan BUM Desa sebagai usaha milik desa harus bisa menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat. Dengan adanya BUM Desa perekonomian masyarakat bisa lebih baik, pendapatan petani juga bisa mengalami peningkatan.  Oleh sebab itu, pihaknya sudah bekerjasama dengan peporma memberikan pendampingan kepada kelompok tani untuk melakukan budidayanya, mulai dari pemilihan bibit, perawatan, hingga panen. Selain pembinaan dan pendampingan mengatakan dirinya juga telah menyepakati adanya  kerjasama dengan Peporma berkaitan dengan hasil pasca panen.

“Melalui kerjasama tersebut,diharapkan nantinya hasil panen para Petani Porang,  di Desa Tambakmas nantinya akan terjamin karena sudah pasti tersalurkan ke pembeli, “ungkap Sukarwo

Sukarwo menambahkan terkait permodalan pihak Pemdes Tambakmas melalui “Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Agung Kencana” menyalurkan dana Rp.60 juta kepada 6 kelompok tani masing- masing  kelompok mendapatkan dana Rp.10 juta.  Pinjaman  tanpa anggunan dengan jangka waktu 3 tahun dengan sistem bagi hasil yaitu 50: 50 khusus bagi petani porang untuk pembelian bibitnya.

“Pada saat panen, baru para petani itu nantinya dapat mengembalikan pinjamannya, ” imbuhnya.

Melalui segala upaya ini, Sudirsa berharap masyarakat Desa Bulian dapat memperoleh keuntungan yang signifikan dari penanaman porang.

Ketua Petani Porang Magetan(Peporma),  Katno mengaku respek dan bangga tanaman Porang menjadi unit usaha dan kegiatan Bumdes Agung Kencono desa Tambakmas.  Peporma berharap masyarakat Desa Tambakmas dapat memperoleh keuntungan yang signifikan dari penanaman porang.

“Luar biasa terobosan Bumdes Agung Kencono Desa Tambakmas menjadikan penanaman Porang bagian dari unit usahanya.   Kateno berharap terobosan Bumdes Agung Kencono melalui dengan ketuanya  Sukarwo dapat bersinergi dengan Peporma dalam memasyrakatkan tanaman Porang.  Selain itu sebagai bagian dari menjaga  ketahanan pangan yang menguntungkan dan dapat dijadikan contoh,” ungkap Kateno

Selain penanaman Porang juga dilakukan penanaman bibit tanaman Alpukat dan bibit tanaman Sirsat sejumlah 3000 batang di sekitaran Embung Desa Tambakmas.  (Zam)

Please follow and like us:
Pin Share

prabangkara press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *