Social Project PK-174 Pelita Aksara: Wangi Potensi Desa Kemiri, Jember

Social Project PK-174 Pelita Aksara: Wangi Potensi Desa Kemiri, Jember
SHARE

Jember,- Telah dikenal jamak bahwa sektor pariwisata menjadi sektor yang paling efektif dijalankan dalam mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seperti yang dilakukan di Desa Kemiri, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Baru diresmikan sebagai Desa Wisata Maret lalu, penerima beasiswa LPDP PK-174 Pelita Aksara @pk174.lpdp mengadakan proyek sosial yang dikhususkan guna mendukung dan menyiapkan Desa Kemiri menyongsong program pengelolaan wisata yang berkelanjutan.

Kegiatan proyek sosial bertema “Pengembangan Ekonomi Desa Kemiri” ini meliputi tiga kegiatan utama. Pertama, pengadaan fasilitas pariwisata berupa objek foto guna menambah nilai jual dan estetika tempat wisata. Kedua, pelatihan ekonomi kreatif kepada Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dan UMKM setempat dalam produksi, promosi dan pemasaran. Ketiga, pengadaan taman baca dengan buku-buku hasil donasi para Awardee guna peningkatan edukasi dan literasi anak-anak di Desa Kemiri, dikutip dari @lpdp_ri, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga  Peluncuran LDN, Menkominfo: Pemerintah Targetkan 50 Juta Masyarakat Terliterasi Digital

Proyek sosial yang telah dikembangkan selama dua bulan terakhir resmi diluncurkan Minggu 28 November kemarin. Kegiatan dilakukan secara hybrid dengan dihadiri oleh Direktur Utama dan Direktur Beasiswa LPDP secara daring dan Kepala Desa Kemiri beserta Sekretaris Camat Panti secara langsung. Peresmian ditandai dengan serah-terima bahan bangunan, buku-buku donasi, dan roadmap pengembangan kepada Pokdarwis, di hari yang sama terselenggara pula kegiatan seminar ekonomi kreatif bagi UMKM dan kegiatan mendongen bagi anak-anak Desa Kemiri.

PK-174 Pelita Aksara akan terus terbuka dan berkomunikasi dalam proses pendampingan dan kemitraan dengan Desa Kemiri guna memaksimalkan segala potensi wisata yang dimiliki. Masyarakat juga menyambut hangat kegiatan ini, mereka berharap kegiatan ini dapat terus berjalan dan membawa manfaat ekonomi yang berkelanjutan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. (*)

Baca Juga  Nasi Tiwul Pacitan Pesona Kuliner Khas Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

SHARE
prabangkara