Pesona Pantai Karang Bolong,  Spot Healing Terbaik di Pacitan

Pesona Pantai Karang Bolong,  Spot Healing Terbaik di Pacitan
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || PACITAN – Kota di ujung barat Provinsi Jawa Timur ini menyuguhkan panorama alam yang mampu menghipnotis pengunjungnya. Dikenal dengan sebutan “Kota 1001 Goa” Pacitan menyembunyikan goa-goa alami yang tersebar hampir di seluruh wilayahnya. Bak taman surga yang tersembunyi, kota ini juga menyuguhkan keindahan pantai selatan yang tak kalah eksotis. Sebut saja Pantai Kasap, Pantai Srau, dan Pantai Klayar. Hamparan pasir putih, air laut yang jernih, karang-karang yang unik dan dikelilingi dengan perbukitan hijau menawan menjadi ciri khusus sejumlah pantai di Pacitan.

Salah satu pantai di kota Pacitan yang berbeda dengan pantai lain di kota ini adalah Pantai Karang Bolong yang berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia. Dinamakan Karang Bolong karena pantai satu ini memiliki bongkahan karang raksasa yang menjorok ke laut dengan lubang dibagian bawahnya karena terkikis ombak. Lubang dalam tebing inilah menjadi asal muasal penamaannya.

Baca Juga  Anggaran Ketahanan Pangan 2021 Ditingkatkan Hingga 30%

Pantai dengan ciri khas bukit karang yang demikian memang bukan hal baru di Indonesia, sebut saja di beberapa daerah lain seperti Bali, Cilacap, serta Banten memiliki pantai yang serupa. Namun, Pantai Karang Bolong di Pacitan tidak kalah mempesona dan sangat disayangkan jika anda berada di kota Pacitan tidak mengunjungi dan menikmati keindahan pantai ini.

Letaknya yang masih satu kawasan dengan Pantai Klayar, tepatnya di sebelah barat Pantai Klayar memungkinkan pantai ini mudah untuk dijangkau oleh pengunjung. Dari jalan raya provinsi Solo-Pacitan pengunjung cukup mengikuti rute Pantai Klayar saja. Sampai di pos retribusi Pantai Klayar belok kanan dan melewati jalan lokal yang tidak terlalu jauh, selanjutnya pengunjung akan disambut sabana luas yang hijau sebagai pengganti hamparan pasir lembut yang memisahkan daratan dengan bibir pantai.

Nah, untuk memasuki area wisata alam nan memanjakan mata ini cukup membayar tarif menuju Pantai Klayar sebesar Rp. 15.000,00 per orang dan pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Klayar sekaligus panorama bukit sabana yang fantastis untuk melihat landscape alam diatas tebing karang bolong.

Baca Juga  Berikut Penjelasan PBSI, Dipaksa Mundurnya Tim dari Kejuaraan Super 1000 BWF All England 2021

Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan, utamanya kalangan anak muda yang hobi “healing-healing” untuk menyegarkan pikiran sembari hunting fotografi. Wisata pantai Karang Bolong sangat rekomended untuk mengisi kegiatan liburan anda, terlebih saat libur panjang seperti libur nasional atau hari libur lainnya.

Letaknya yang berada di atas perbukitan dan menjorok ke laut menjadikan pantai ini memiliki view indah ditambah dengan deburan ombak yang menenangkan. Tidak heran, banyak pengunjung yang segaja datang sore hari untuk menikmati pemandangan sunset yang apik bahkan sengaja menginap atau camping diatas perbukitan ini untuk menyambut sunrise yang memanjakan mata. Panorama alammya yang eksotis sangat cocok untuk mendapatkan nature photography yang instagramable.

Tebing menjulang di bibir Pantai Karang Bolong yang sangat luas ditambah rumputan hijau dan beberapa pepohonan membuat tempat ini menjadi lebih menarik. Pengunjung bisa menjelajah tebing-tebingnya, dengan catatan harus tetap berhati-hati karena lintasan cenderung licin saat musim penghujan.

Baca Juga  Karut-marut Minyak Goreng, Bambang DH Sentil Nasionalisme Pengusaha dan Mendag

Di pantai ini pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang mempesona sembari melakukan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan tubuh dan pikiran anda. Diantara aktivitas tersebut, pengujung dapat menikmati ombak laut nan indah dari atas tebing bongkahan karang, bersantai di padang sabana untuk merasakan hembusan angin yang sejuk, melihat air terjun dari mata air alami yang langsung jatuh bersentuhan dengan air laut, menikmati terbit dan tergelincirnya matahari dari tebing yang eksotis, dan camping bersama kerabat atau keluarga.

Jika anda sedang bingung mencari tempat rekreasi untuk libur nasional, Pantai Karang Bolong mungkin bisa anda masukan daftar tempat healing yang wajib dikunjungi.

Oleh: Ariska Tanzila Fatma


SHARE