Wisata Kesehatan Banyu Anget Arjosari, Pacitan, Jawa Timur

Wisata Kesehatan  Banyu Anget Arjosari, Pacitan, Jawa Timur
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || Pemandian air hangat Tirto Husodo terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Menempuh perjalanan darat berjarak sekira 15 kilometer dari pusat Kota Pacitan menuju jalur arah Ponorogo.

Akses jalan menuju lokasi wisata air hangat ini cukup lumayan bagus dan sudah beraspal. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan dan keindahan alam perbukitan nan hijau, persawahan.

Darmanto, juru parkir tempat wisata Banyu Anget, Banyu Tirto, Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kab Pacitan, kepada jurnalis memberikan penjelasan bahwa untuk parkir sudah tersedia di lokasi wisata.  Untuk tarifnya sepeda motor Rp. 2000,- , roda empat Rp.5.000,- dan bus wisata Rp. 10.000,-.

“Pemandaian Air Hangat mulai buka jam  04.00 WIB dan tutup jam 20.00 WIB. Untuk hari ini pengunjung kurang lebih sekitar 150 orang.   Untuk hari Sabtu dan Minggu pengunjung berkisar 150 – 200 pengunjung,” jawab Mujianto.

Baca Juga  KUNJUNGAN PERDANA DANREM 061/SK KE KODIM 0621/KAB. BOGOR

Mbak Ika menjelaskan bahwa pemandian air panas yang dikelola pemerintah daerah. Dengan biaya masuk Rp. 15.000 untuk dewasa da Rp. 5.000 bagi anak-anak, pengunjung dapat berendam di air hangat yang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit seperti rematik, pusing, stroke, dan lainnya.

Sedangkan pada hari biasa hanya beberapa puluh orang saja yang mengunjungi tempat wisata tersebut. Biasanya dari wisatawan lokal seperti anak-anak PAUD dan warga seputaran wilayah Banyu Anget,” jawab Darmanto.

Mbak Ika kepada jurnalis juga menjelaskan bahwa pengunjung pada hari biasa pernah jam 03.00 WIB,  baru ada pengunjung.  Pemandian air hangat ada terdapat empat kolam air hangat dan satu tempat Spa air hangat. Dua kolam untuk dewasa dengan pilihan kedalaman 1,4 meter dan 1 meter.

Baca Juga  Ketua PN Manado Diduga Gelapkan Sejumlah Inventaris Kantor

Satu kolam khusus anak seluas 12 meter X 6 meter dengan kedalaman 50 sentimeter. Sedangkan untuk spa hanya disediakan satu ruangan yang bisa menampung tidak lebih dari 10 orang.

Suhu air di sumber air hangat sekitar 40,7 derajat celcius. Pemandian air hangat ini merupakan air hangat alami yang mengalir dari sumber di atas bukit.

Salah satu pengunjung dari Madiun hari ini menjelaskan bahwa mereka rombongan satu bus untuk tujuan wisata ke Banyu Anget terutama setelah mengunjungi objek wisata lain di Pacitan.  Kalau capek-capek enak berendam air hangat. Jadi ketagihan, soalnya belum menemukan air hangat alami di kota lain dengan pemandangan yang sejuk. (*)

Baca Juga  Update Covid-19 di Pacitan per 12 Mei 2020