Webinar P3S;   Topik “Pilpres 2024, Mengulik Pasangan Ideal Puan Maharani”

Webinar P3S;   Topik “Pilpres 2024, Mengulik Pasangan Ideal Puan Maharani”
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || JAKARTA – Webinar P3S   topik “Pilpres 2024; Mengulik Pasangan Ideal Puan Maharani,  telah dilaksanakan dengan moderator Anggie dari Indonesia Parlemen, pukul 15.00 WIB, hari Rabu (28/09/2022).

Sebagai pembicara pertama Pakar komunikasi dari Universitas Pelita Harapan (UPH)  Bang  Emrus Sihombing dengan gaya khasnya menilai bahwa Puan Maharani  merupakan sosok yang dapat diterima semua kalangan.

Emrus yakin, Puan akan sangat mampu membina hubungan yang sangat produktif. Puan Maharani ini tokoh yang inklusif, pluralis dengan siapapun. Puan mampu membina relasi yang sangat produktif

Emrus menekankan bahwa Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai bakal calon presiden. Ketua DPR RI itu disebut sosok yang potensial sebagai calon presiden di 2024.  Puan maharani yang telah berjuang cukup lama di PDI Perjuangan dan berbuat  untuk PDI Perjuangan, yang akan mau terus memperjuangkan ideologi Pancasila, memperjuangkan cita-cita Bung Karno. Sebagai anak ideologis Bung Karno, Megawati Sukarno Putri, Taufik Kiemas serta ditunjang oleh kualitas Puan Maharani sebagai Ketua PDI Perjuangan.

Baca Juga  Kuatnya Aspirasi Internal Partai Demokrat untuk Capreskan AHY

Pilpres 2024 Emrus berpandangan, dalam menentukan seorang tokoh harus dilihat dari kualitas. Bukan berdasarkan hitungan elektabilitas maupun popularitas.

“Puan Maharani sekarang sedang gencar-gencarnya untuk safari politik, terutama untuk kemenangan keluarga besar PDI Perjuangan, untuk memenagkan  Pileg dan Pilpres,” tegas Emrus.

Emrus menjawab pertanyaan dari peserta hendriyanto menjelaskan bahwa masyarakat kita sudah cerdas dalam memilih.  namun kontruksi media online dan sosial dengan politik pencitraan dan identitas yang terkadang menggiring opini publik untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas kandidat. Puan inilah tokoh berkualitas. Harusnya pembicaraan publik bergeser, tidak lagi pada tokoh elektabilitas dan popularitas. Elektabilitas dan popularitas adalah produk manipulasi persepsi publik.

Jery Masie sebagai direktur P3, politik sebagai pertunjukan drama yang hari ini berselisih namun besuk bisa bersahabat.  Ibaratkan politik sebagai melihat film kartum Tom dan Jerry.

“Sekarang ini sedang terdapat isu Brigader J, BBM naik, Bjorka yang masih menjadi pekerjaan pemerintah untuk menyelesaikannya,” tutur Jerry.

Sebagai pembicara ketiga Analis Komunikasi Politik sekaligus Pendiri Lembaga Survei Kedai KOPI Hendri Satrio meyakini Ketua DPR RI Puan Maharani memiliki banyak sekali narasi dan hasil karya yang positif yang bisa disampaikan pada masyarakat sebagai salah satu kandidat potensial Capres 2024.

Baca Juga  Mensesneg Pratikno, Tegaskan Pemerintah Tidak Berniat Revisi UU Pemilu dan UU Pilkada

“Puan memiliki privilege sebagai cucu proklamator Bung Karno dan anak presiden, yang diyakini memiliki ‘isi’ yang saatnya sekarang ini harus disampaikan secara gamblang pada masyarakat,” jelas Hendri.

Bukan hanya itu, Puan juga sudah banyak melakukan banyak hal. Mulai dari memegang pimpinan Fraksi PDIP di DPR RI, Menko PMK dan saat ini sebagai Ketua DPR RI. “Saya sangat yakin bahwa Ibu Puan ini memiliki ‘isi’ yang selama ini mungkin belum tersampaikan dengan baik pada masyarakat. Beliau itu adalah cucu Bung Karno yang tentu secara alamiah memiliki kualitas tertentu yang tidak banyak dimiliki oleh calon-calon pemimpin lain,” kata ujar Hendri

“Puan memang tidak perlu melakukan pencitraan. namun mencari sosok Wapres yang potensial yang mendampingi  Puan.  Sebagai contohnya sosok ideal dari diri Jusuf Kalla yang mempunyai kekuatan elektoral dan finansial harus dicari timnya Puan Maharani.  Sosok Sandiagano Uno mendekati kriterian dari sosok ideal tersebut disebabkan mempunyai elektoral dan finansial, ” jelas pendiri analis Lembaga Survei Kedai KOPI Hendri Satrio

Baca Juga  Puan Maharani Didampingi Bupati Wonogiri Resmikan Proyek Air Bersih Gratis Bagi 506 KK di Desa Gendayakan

“Pendiri Lembaga Survei Kedai KOPI Hendri Satrio, jangan sampai cpres yang dipilih Puan Maharani memilih Capres  yang suka memperagakan manuver akrobatik, ” ujar Pendiri Lembaga Survei Kedai KOPI Hendri Satrio

Hendri Susilo menjelaskan bahwa PDI Perjuangan selama di pemerintahan elektabilitas partai hanya meningkat 1 %.  Beda  saat menjadi oposisi yang elektabilitasnya prosesntasi peningkatannya lebih tinggi. Oleh sebab itu Puan Maharani harus terus berjuang untuk ‘memamerkan’ hasil kerja selama memimpin.

“Akhir Webinar Puan  tokoh perempuan di Indonesia yang mempunyai Boarding Pas untuk menjadi kandidat Capres dari PDI Perjuangan, dengan suara terbanyak di Pileg 2019.  Sebagai nak ideologis PDI Perjuangan Puan harus menggunakannya untuk menjadi kandidat Capres 2024.  Hanya tinggal memilih kandidat Wapresnya,” tutup Hendri. (Hendriyanto).


SHARE