Polri Terima Penghargaan Kemenpan RB, Kapolri Terus Tingkatkan Layanan Publik

Polri Terima Penghargaan Kemenpan RB, Kapolri Terus Tingkatkan Layanan Publik
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || Jakarta – Polri menerima penghargaan dari Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terkait dengan pelayanan prima dan pembangunan zona integritas di lingkungan Polri Tahun 2022.

Penghargaan dan predikat tersebut diberikan berdasarkan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) yang dilakukan oleh Kemenpan RB bersama dengan kementerian dan lembaga khusus.

“Tentunya kami dari institusi Polri hari ini mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan terkait dengan pelayanan kepolisian dalam bentuk apresiasi pelayanan prima dan pelayanan terhadap zona integritas,” kata Sigit di Gedung Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa, 21 Februari 2023.

Pada tahun ini, sebanyak 47 Polresta maupun Polres meraih penghargaan pelayanan prima. Serta, 19 unit kerja yang mendapatkan kategori teladan berintegritas.

Menurut Sigit, dengan adanya penghargaan tersebut, hal ini sejalan dengan instruksi dan harapan dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terhadap institusi Polri.

Oleh karenanya, Sigit menegaskan kedepannya akan terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagaimana harapan dari Pemerintah Indonesia.

Baca Juga  Analisis Sanksi PSBB II; Kabag Hukum dan Ham Perkuat Kebijakan Wali Kota Bogor

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik seperti yang tadi di sampaikan oleh beliau, bahwa perbaikan pelayanan publik akan kita lanjutkan untuk bisa dilaksanakan secara digital dan terintegrasi tentunya banyak macam. Kali ini dilaksanakan penilaian khusus untuk SKCK dan pelayanan SIM,” ujar Sigit.

Lebih dalam, wujud konkret peningkatan kualitas pelayanan publik, kata Sigit, saat ini Polri telah menguatkan pelayanan masyarakat secara digital. Mulai dari STNK Online, SIM Online dan penindakan pelanggaran lalu lintas (lalin) dengan mengedepankan ETLE.

“Dan ini terus menerus kita perluas. Hal ini kita lakukan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang dan tentunya juga semakin meningkatkan upaya dalam rangka menjaga ketertiban berlalu lintas dan juga meningkatkan keselamatan,” ucap Sigit.

Bahkan dewasa ini, kata Sigit, Polri terus mengembangkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) secara online.

Lebih dalam, Sigit menyebut, demi membuka ruang aspirasi dari masyarakat saat ini disiapkan Dumas Presisi Online hingga Propam Presisi Online. Dimana, masyarakat dapat memanfaatkan hal itu sebagai wadah untuk mendapatkan pelayanan secara interaktif untuk mendapatkan progres terkait dengan laporannya.

Baca Juga  Mantapkan Program Presisi, Polri Gandeng 9 Pengawas Eksternal

“Tentunya ini semua menjadi bagian komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan digitalisasi. Dan tentunya kita berikan dalam satu pelayanan yang terintegrasi yang kita namakan SuperApp dalam satu genggaman,” papar Sigit.

Disisi lain, Sigit menegaskan, Polri juga akan memaksimalkan perannya untuk memberikan pelayanan terhadap publik sesuai dengan program prioritas yang dicanangkan oleh Pemerintah. Diantaranya pelayanan stunting hingga pengamanan di wilayah yang difokuskan melakukan investasi dan hilirisasi industri. Termasuk juga layanan terhadap masyarakat yang berkebutuhan khusus.

“Termasuk pelayanan terhadap interaksi khususnya masyarakat yang berdampak dan berkebutuhan khusus semua tentunya akan kami tingkatkan. Terima kasih, kami mohon koreksi dan dukungan dari masyarakat. Sehingga kami bisa terus melakukan evaluasi terhadap pelayanan publik di kepolisian,” tutup Sigit.

Berikut ini Daftar Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Berpredikat Pelayanan Prima Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 1035/2022:

Baca Juga  Cegah Corona, Kodim Jogja Bagikan Masker Kepada Pengendara Sepeda Motor

1. Polresta Sidoarjo
2. Polresta Barelang
3. Polresta Cirebon
4. Polres Sleman
5. Polrestabes Bandung
6. Polres Gresik
7. Polresta Banyuwangi
8. Polres Tanah Laut
9. Polrestabes Surabaya
10. Polres Mojokerto
11. Polres Bukittinggi
12. Polres Banjarbaru
13. Polres Gianyar
14. Polres Tulang Bawang
15. Polrestabes Palembang
16. Polres Malang
17. Polres Solok Kota
18. Polres Payakumbuh
19. Polresta Malang Kota
20. Polres Hulu Sungai Selatan
21. Polresta Bogor Kota
22. Polres Kendal
23. Polres Metro
24. Polresta Yogyakarta
25. Polres Cilegon
26. Polres Tapin
27. Polres Cilacap
28. Polrestabes Semarang
29. Polresta Bandung
30. Polresta Pontianak
31. Polres Kulonprogo
32. Polres Nganjuk
33. Polresta Tanjungpinang
34. Polres Lamongan
35. Polres Tuban
36. Polres Kotawaringin Timur
37. Polres Pulang Pisau
38. Polresta Banjarmasin
39. Polres Kotabaru
40. Polresta Samarinda
41. Polres Kudus
42. Polresta Pekanbaru
43. Polres Tanah Bumbu
44. Polres Ogan Komering Ulu
45. Polres Seruyan
46. Polres Tabalong
47. Polres Metro Tangerang Kota