[VIDEO] Pantai Siwil: Keajaiban Alam dengan Budidaya Mangrove dan Potensi Pengelolaan Limbah

[VIDEO] Pantai Siwil: Keajaiban Alam dengan Budidaya Mangrove dan Potensi Pengelolaan Limbah
SHARE

 

PRABANGKARANEWS || PACITAN – Pantai Siwil terletak di Dusun Tawang Wetan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, dengan jarak tempuh sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Pantai Siwil menjadi pantai satu-satunya di Kecamatan Ngadirojo yang dikenal dengan budidaya mangrove, berfungsi sebagai benteng alami untuk mencegah abrasi dan sebagai habitat biota laut seperti ikan dan kepiting. Di area hutan mangrove, terdapat berbagai jenis limbah seperti sampah plastik, daun kering, dan ranting yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kerajinan tangan, seperti bunga dari limbah plastik, serta sebagai bahan kompos yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

Selain memiliki keindahan alam dengan air laut yang biru dan pemandangan gunung yang menakjubkan di sekitar Pantai Siwil, tempat ini juga menjadi destinasi wisata yang populer bagi pengunjung. Terdapat juga tambak udang yang melimpah di area pantai, dan limbah air dari tambak udang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pupuk cair yang kaya akan hara makro bagi tanaman.

Baca Juga  Jerry Massie Bingung, Prabowo Subianto Pilih Jadi Menteri Ketimbang sebagai Oposisi

Selain itu, limbah udang yang sudah mati dapat digunakan sebagai pakan ternak. Penting untuk diingat bahwa pembuangan limbah air tambak udang tidak boleh langsung dibuang ke laut untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut dan perkembangan biota laut lainnya, oleh karena itu telah disediakan tempat khusus untuk pembuangan limbah cair tersebut. Dengan memanfaatkan limbah tambak secara optimal, potensi pengelolaan limbah di Pantai Siwil dapat diwujudkan. (Yustin Zaenul Rimadhani)