[VIDEO] Sumber Mata Air Kapyuran, Ngadirojo, Pacitan: Aset Berharga bagi Warga Sekitar

[VIDEO] Sumber Mata Air Kapyuran, Ngadirojo, Pacitan: Aset Berharga bagi Warga Sekitar
SHARE

PRABANGKARANEWS || PACITAN – Video ini mengangkat tema “Sumber Mata Air Kapyuran menjadi Aset Warga Sekitar” yang dibawakan oleh Milla Fizcha Aulia, mahasiswa semester 4 jurusan PGSD di STKIP PGRI Pacitan. Sumber mata air Kapyuran terletak di Dunglemah, dusun Kaliatas, desa Wiyoro, kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Lokasi sumber mata air ini sangat dekat dengan rumah Milla.

Sumber mata air Kapyuran memiliki banyak manfaat yang berkontribusi bagi masyarakat sekitarnya. Salah satunya adalah penggunaan air dari sumber mata air ini untuk kebutuhan sehari-hari di rumah warga, seperti mandi, mencuci pakaian, memasak, mengairi kolam ikan, dan menyiram tanaman. Selain itu, grojokan yang berasal dari sumber mata air ini juga menjadi tempat mandi dan tempat wisata bagi masyarakat setempat.

Baca Juga  Jalin Sinergitas, IMO-Indonesia Silaturahmi dengan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu

Karena sumber mata air Kapyuran memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sekitarnya, penting bagi kita semua untuk menjaganya. Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain adalah tidak melakukan penebangan pohon sembarangan di sekitar sumber mata air, serta tidak membuang sampah di area grojokan atau sumber mata air tersebut. Kebersihan air sangatlah penting bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan menjaga sumber mata air Kapyuran ini, kita dapat memastikan kelangsungan dan kualitas air yang baik untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar. Mari kita saling bahu-membahu dalam menjaga sumber mata air ini agar tetap menjadi aset yang berharga bagi warga sekitar.