Program Reforma Agraria dan Kehutanan Sosial Terus Dilanjut: Gema PS Indonesia Wilayah Madiun All Out Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Program Reforma Agraria dan Kehutanan Sosial Terus Dilanjut: Gema PS Indonesia Wilayah Madiun All Out Siap Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM, MADIUN– Arus dukungan kepada pasangan Nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Presiden Indonesia terus mengalir dari elemen organik masyarakat.

Salah satu elemen masyarakat yang mendeklarasikan dukungan ke pasang Prabowo gibran adalah Gema PS ( Gerakan masyarakat perhutanan sosial) Korwil Madiun .

Bertempat di lapangan Desa Pajaran, Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun Gema PS Indonesia mengggelar acara jalan santai Gemoy bersama masyarakat yang diikuti peserta kursng lebih 1000 orang dengan berbagai hadiah doorprise yang menarik.

Beberapa Kelompok Tani Hutan Ikut berpartisipasi menyemarakkan jalan santai tersebut.  Kegiatan diikuti  KTH Konco wonojoyo Desa Tulung, Saradan; KTH Pasar Seklewer, Desa kuwiran,  Kare, Randu Alas;  KTH Margo Joyo utama , Kebon Agung Mejayan; KTH Noto Mulyo, Duren Pilangkenceng; KTH Sekarwilis,Desa Bodag, Kare;  KTH Bolo Wonojoyo Sumberbendo, Saradan; KTH Bolo Joyo Sumber Makmur,  Desa Pajaran Saradan dan KTH Rimbun Lestari, Pacalan, Plaosan Magetan

Ketua Panitia Jalan santai Suharyoko kepada media ini menyampaikan bahwa jalan santai sabtu biru ceria di Desa Pajaran adalah rangkaian acara road show yang di prakarsai oleh Gema PS Indonesia, sekaligus mendeklarasikan pasangan 02 Prabowo -gibran menjadi presiden pada pemilu tanggal 14 February 2024 nanti satu putaran .

Baca Juga  Pengumuman Pemenang Festival Kethek Ogleng Pacitan 2023: Merayakan Keberhasilan Seni Budaya Pelajar Tingkat SD/MI

“Jalan santai ini menjadi rangkaian road show acara Gema PS Indonesia di berbagai wilayah Jawa timur,mulai dari Magetan, Bojonegora ,Madiun dan puncaknya di Kabupaten Nganjuk,” kata Suharyoko

Lanjutnya beberapa Kelompok Tani Hutan (KTH) yang berada di wilayah Madiun bahkan KTH Magetan juga ikut hadir berpartisipasi menyemarakan acara tersebut. Pihaknya mengajak seluruh keluarga KTH yang berada dalam Binaan Gema PS Indonesia untuk bahu-membahu all out menangkan Prabowo Gibran satu putaran pada pilpres nanti.

“Kita akan allout menangkan Prabowo Gibran satu putaran untuk presiden 2024,” tutup Suharyoko.

Sementara  Jiat Kusumawan selaku Koordinator Gema PS Indonesia Wilayah Madiun mengaku berterima kasih atas dukungan dari para petani hutan di Kabupaten Madiun .

Menurut Jiat, deklarasi tersebut menambah energi positif untuk kemenangan Prabowo-Gibran.  Sebab kelompok tani Hutan belum banyak disentuh oleh capres-cawapres lainnya ,hanya Prabowo – Gibran yang berani berkomitmen untuk kesejahteraan petani, penggarap lahan hutan dibandingkan kedua calon presiden lainnya.

“Dukungan  ini sangat menjanjikan, sebab kelompok tani hutan dan para penggarap lahan hutan perlu disentuh lebih intens untuk mendukung Prabowo-Gibran dengan visi misi yang selaras dengan kepentingan para petani hutan seperti yang telah di lakukan oleh Presiden Jokowi melalui kebijakannya yang utamanya program perhutanan sosial dan reforma agraria. ” Berharap program dari perhutanan sosial terus berjalan kedepannya,” jelas Jiat.

Baca Juga  Demi Jamin Kepastian Hukum, PERADIN Desak Pemerintah Berlakukan KUHP Baru

Jiat menyampaikan pesan bahwa bagi kami ( Gema PS Indonesia ) adalah kesejahteraan para petani hutan adalah tanah/ lahan garapan,biarpun hanya ber- SK kemasyarakatan hutan agar kami bisa mengolah lahan untuk bertanam guna dapat meningkatkan kesejahteraan taraf hidup petani/ penggarap hutan.

Dirinya berharap dengan SK Kehutanan masyarakat dari kementerian Kehutanan dan LH segera turun agar kami dapat mengerjakan lahan pertanian tanpa ada perasaan was-was dan ke khawatiran di kejar- kejar oknum karena tidak berakses legal.

Jiat berharap dengan skema kehutanan kemasyarakatan dan progam permukiman dan kawasan hutan segera direalisasikan untuk daerah lainya ,seperti daerah kelurahan wungu dan desa Tulung sudah mendapatkan sertifikat hak milik dari progam pelepasan kawasan hutan.

Jiat Kusumawan menyoroti Reformasi  agraria yang ada di Desa Kare dan Kandangan terkait HGU yang sudah mati selama 12 tahun untuk diperhatikan baik pemerintah pusat, daerah.    Supaya nantinya yang 20 % sesuai amanat dari Menteri Agraria dibagikan kepada rakyat dengan pola sertifikat hak milik atau sertifikat komunal.   Gema PS Indonesia memilih sertifikat komunal agar tidak disalah gunakan, seperti arahan Presiden Jokowi di Sentul Bogor.

Baca Juga  Ditemukan Metode Baru Daur Ulang Plastik Polietilena dengan Teknologi Industri Minyak

Dengan terbitnya SK 287 terkait HGBK ada 1,1 juta HA yang akan di kelola rakyat dengan sistem hutan tanaman rakyat,hutan desa ,Hutan kemasyarakatan atau kemitraan kehutanan untuk dikerjakan dengan baik .

Oleh karena itu, Jiat Kusumawan menekankan akan mengajak orang-orang khususnya petsni dan penggarap lahsn hutan untuk memilih dan all out memenangkan Prabowo – Gibran satu putaran.

“Saya dan para petani Perhutanan sosial wilayah Madiun sepenuh hati memiih Pak Prabowo Subianto – Mas Gibran Rakabuming Raka menjadi presiden dan wakil presiden INDONESIA serta mengajak kepada seluruh kerabat, sanak saudara, dan tetangga hingga para petani, masyarakat Kabupaten Madiun dan masyarakat Perhutanan Sosial Se Jawa Timur pada umumnya agar kemenangan untuk Pak Prabowo dapat diraih di Pilpres 2024,” pungkasnya.

Pewarta: Zain M