Dirjen PHU Kemenag, Petugas Haji Indonesia Siap Siaga Jelang Kedatangan Jemaah ke Tanah Suci

Dirjen PHU Kemenag, Petugas Haji Indonesia Siap Siaga Jelang Kedatangan Jemaah ke Tanah Suci
Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief
SHARE

PRABANGKARANEWS || Madinah (Kemenag) – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief menyampaikan petugas haji Indonesia sudah bersiaga jelang kedatangan jemaah ke tanah suci.

“Jelang kedatangan jemaah, semua petugas dari Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, TNI Polri dan mitra lain sudah berada di tanah suci khususnya Madinah, dan Bandara,” ungkap Dirjen PHU Hilman Latief di Madinah, Jumat (10/5/2024).

Dikatakan Hilman, semua petugas sudah berada di posko masing-masing, mulai dari bandara, Markaziah di Madinah dan sekitar Masjidil Haram. “Mereka siap menyambut kedatangan jemaah,” imbuhnya.

Ia menambahkan, seluruh petugas saat ini telah diminta untuk melakukan mitigasi terhadap kemungkinan hambatan dalam penerimaan jemaah. “Untuk itu kami berharap semua petugas lakukan persiapan dengan matang. Hal-hal teknis harus disiapkan dengan mitigasi semua kemungkinan persoalan yang akan muncul,” harap Hilman.

Baca Juga  Partai Republik Ungguli Demokrat 9 Poin Berdasarkan Survei Rasmussen

Dirjen juga meminta semua persoalan dikomunikasikan, baik dengan petugas Arab Saudi maupun dengan petugas yang ada di Embarkasi, dikutip dari laman Kemenag.go.id,  Sabtu (11/5/24).

“Jangan sampai tidak sinkron antara petugas di sini dengan yang ada di Tanah Air, sehinga ketika terjadi perubahan jadwal penerbangan atau kebijakan lain, kita tidak tau. Hal-hal teknis ini yang harus dikawal,” tukas Hilman.

“Mitigasi ini harus dilakukan terhadap makanan atau konsumsi, penginapan dan ibadah. Kira-kira mana yang akan berpengaruh terhadap proses penyelenggaraan ibadah haji,” tegas Hilman.

Dirjen berharap semua proses penyambutan jemaah haji berjalan sesuai harapan. “Kita ingin menyambut dengan baik gelombang awal jemaah haji kita dan mudah-mudahan berjalan lancar,” pungkasnya.

Baca Juga  Keren...! Ini Yang Dilakukan Perkasa pada Ulang Tahun Kopassus ke 68

Terakhir Dirjen menginformasikan, jemaah haji Indonesia akan mulai mendarat di Bandara Pengeran Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah pada 12 Mei 2024. (Rinarisna)