Nova Arianto, Seleksi Timnas U-16 Prioritaskan Pemain dengan Postur Tinggi

Nova Arianto, Seleksi Timnas U-16 Prioritaskan Pemain dengan Postur Tinggi
SHARE

PRABANGKARANEWS || Nova Arianto, pelatih tim U-16, menjelaskan secara rinci mengenai kriteria pemain yang sedang ia cari dalam seleksi untuk timnya, yang saat ini tengah berlangsung untuk gelombang ketiga sejak 25 hingga 28 Februari, dilansir dari Pssi.org Selasa (27/2/24).

Salah satu kriteria yang diutamakan adalah tinggi badan dan postur tubuh. Nova mengungkapkan bahwa tinggi badan menjadi faktor penting, terutama untuk pemain belakang, kiper, dan striker, yang diharapkan memiliki postur di atas 175 cm. Menurutnya, hal ini penting karena dia berambisi untuk bermain di level Asia, dan tinggi badan menjadi kriteria utama dalam mencapai tujuan tersebut.

Nova juga menjelaskan bahwa dia sedang menyiapkan generasi tim nasional untuk masa depan melalui tim U-16 ini, dengan fokus pada pemain dengan postur tinggi. Dia mengungkapkan bahwa pemain yang tingginya 175 cm pada saat ini kemungkinan akan tumbuh setidaknya 4 cm hingga mencapai usia 20 tahun, di mana tinggi pemain mencapai puncaknya. Oleh karena itu, Nova mencari pemain dengan tinggi minimal 175 cm sebagai bagian dari strategi pengembangan tim.

Baca Juga  Arka Kinari Gelar Konser dari Atas Kapal, Selipkan Pesan Lingkungan, di Pelabuhan Tamperan Pacitan

Keputusan Nova untuk mencari pemain yang tinggi didasari oleh pengalamannya saat menghadapi tim-tim dengan pemain yang memiliki postur lebih tinggi di Piala Asia 2023, seperti tim dari Irak dan Australia. Pengalaman ini membuatnya menyadari bahwa postur tinggi pemain lawan menjadi kendala dalam pertandingan, sehingga dia ingin mempersiapkan timnya dengan pemain-pemain yang memiliki postur yang sebanding atau lebih tinggi untuk menghadapi tantangan di level Asia.