PKM Research Group Sejarah Kebudayaan FIB UNS, Mendukung Sanggar Seni Tresna Budaya Menuju Kalurahan Budaya

PKM Research Group Sejarah Kebudayaan FIB UNS, Mendukung Sanggar Seni Tresna Budaya Menuju Kalurahan Budaya
Tim Research Group Sejarah Kebudayaan FIB UNS Bersama Warga
SHARE

PRABANGKARANEWS ||  FIB UNS –  Research Group Sejarah Kebudayaan dari Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Sanggar Seni Tresna Budaya. Acara tersebut berlangsung di Jl. Baron Km 12, Dusun Glagah, Kalurahan Kemiri, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari pukul 10.00 hingga 15.30 WIB, hari Sabtu  (15/6/24).

Tim Research Group Sejaran kepada Jurnalis jum’at (5/6/24), menjelaskan kegiatan PKM dengan mengusung tema “Pembuatan Film Advertorial Sanggar Seni Tresna Budaya sebagai Penguatan Kalurahan Kemiri Menuju Kalurahan Budaya.”

“Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan Sanggar Seni Tresna Budaya melalui publikasi. Dengan meningkatnya minat terhadap sanggar, diharapkan dukungan terhadap Desa Kemiri akan semakin kuat, sehingga dapat berubah status dari “rintisan kalurahan budaya” menjadi “kalurahan budaya,” jelas perwakilan dari Tim Research Group Sejarah Kebudayaan.

Baca Juga  Ribuan Jemaah Hadiri Haul Akbar ke-167 K.H. Abdul Manan Dipomenggolo di Semanten, Pacitan

“Selama PKM, tim melakukan pengambilan video wawancara dengan pengurus sanggar untuk menggali sejarah dan aktivitasnya. Mereka juga merekam kegiatan latihan Langen Sekar yang sedang berlangsung, sebagai persiapan untuk mengikuti festival di Taman Budaya Gunungkidul beberapa bulan mendatang. Video-video tersebut akan digunakan untuk pembuatan film advertorial yang nantinya diunggah ke media sosial,” tutupnya. (Tim PKM Research Group Sejarah-FIB-UNS)