[SIMAK] Menteri BUMN Erick Thohir Kunjungi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ada Apa Ya!

[SIMAK] Menteri BUMN Erick Thohir Kunjungi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ada Apa Ya!
SHARE

Prabangkaranews.com– Semarang – “Ekonomi Indonesia harus kembali bangkit dan salah satu yang paling dekat dengan ekonomi rakyat adalah UMKM. Dengan begitu kebangkitan ekonomi pada era new normal cepat terjadi,” ujar  Menteri BUMN Erick Thohir di rumah dinas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Puri Gedeh Semarang, Jateng, Sabtu, 16 Mei 2020.

Selain menyerahkan sejumlah bantuan alat kesehatan, kedatangan Erick ke rumah Ganjar juga untuk membahas berbagai persoalan. Kunjungan Erick Thohir tersebut dimanfaatkan Ganjar untuk menyampaikan beberapa progam yang sedang disusun dalam pencegahan covid-19. Selain masalah kesehatan dan bantuan sosial, Ganjar juga menyingung persoalan ekonomi.

 

“Setelah kesehatan dan sosial, saat ini kami sudah mulai fokus pada ekonomi. Mau tidak mau, ekonomi harus disiapkan skenario-skenario untuk bisa bangkit usai COVID-19 ini,” kata Ganjar Pranowo.

Baca Juga  Cuaca Buruk Musim Dingin, Ratusan Muslim Palestina Gelar Salat Gaib untuk Mendiang Syekh Ali Jaber

Ganjar menerangkan, pihaknya telah menyiapkan skenario APBD 2021 adalah APBD Pertolongan. Anggaran yang ada nantinya digunakan untuk merescue berbagai sektor, salah satunya ekonomi. Bank-bank BUMN lanjut Ganjar juga diharapkan bisa membuka akses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kami juga sudah bekerjasama dengan sejumlah e-Commerce raksasa nasional untuk keperluan pelatihan dan kerjasama lainnya. Tapi kami masih kesulitan soal permodalan, maka dalam kesempatan baik ini, kami berharap ada perusahaan-perusahaan BUMN yang bisa membantu kami mengembangkan sektor ini,” katanya.

 

Apabila itu bisa dilakukan, maka kebangkitan ekonomi Jateng khususnya dari industri kecil menengah bisa lebih cepat dilakukan. Menteri BUMN, Erick Thohir sepakat dengan apa yang diprogramkan Ganjar. Menurutnya, sektor ekonomi khususnya UKM memang harus mendapat perhatian.

Baca Juga  PPWI: Pemda OKI Ayo Bangun Jangan Molor

Selama covid-19 ini berlangsung, bank BUMN sudah melakukan restrukturisasi untuk pelaku UKM dan lainnya. Sudah Rp120 triliun lebih nilai restrukturisasi yang dilakukan. Erick sepakat dengan Ganjar dalam pengembangan UKM untuk bangkit pasca covid-19. Meskipun menurutnya, saat ini kondisi BUMN tidak semuanya dalam kondisi sehat.