Kegiatan Pekan 2 PPL STKIP PGRI Pacitan Kelompok 6 , Perkenalan dan  Pembimbingan Siswa Kelas III, IV SDN Candi

Kegiatan Pekan 2 PPL STKIP PGRI Pacitan Kelompok 6 , Perkenalan dan  Pembimbingan Siswa Kelas III, IV SDN Candi

Pacitan,- Pekan kedua PPL STKIP PGRI Pacitan  Ganjil 2021/2021 melaksanakan kegiatan perkenalan dan pembimbingan tahap pertama merupakan kegiatan lanjutan dari mahasiswa praktikan di SD Negeri 2 Candi, Kec.Pringkuku, Kab.Pacitan pekan ke II,  Sabtu (11/9/2021).

Tahap perkenalan ini melibatkan siswa Kelas III dan IV. Siswa Kelas III dan IV sangat antusias dalam mengikuti kegiatan perkenalan dan pembimbingan ini. Menurut siswa kelas III dan IV, mereka lebih senang melakukan kegiatan pembelajaran tatap muka dibandingkan pembelajaran daring.

Pada pelaksanaan kegiatan ini terdapat beberapa kendala, diantarannya kami sebagai mahasiswa praktikan masih sedikit canggung dalam menghadapi siswa. Begitu pula dengan siswa yang masih malu-malu pada saat perkenalan. Selain itu, pemahaman siswa masih sangat kurang dalam pembelajaran.

“Pembelajaran daring memang menyenangkan tetapi focus dalam belajar terganggu dengan kegiatan dirumah seperti bermain,” tegas siswa Kelas IV, Sabtu (11/9/2021)

Guru Kelas III menyatakan bahwa pembelajaran daring kurang efektif digunakan, semua itu dapat terlihat pada karakter siswa saat melakukakan pembelajaran tatap muka. Karakter siswa terlihat dari hasil pengerjaan latihan-latihan soal yang diberikan guru. Selama pembelajaran daring hasil belajar siswa menunjukkan nilai yang tinggi hal ini berbeda dengan fakta saat pembelajaran tatap muka.

Mahasiswa PPL merasa senang telah diberikan kesempatan untuk perkenalan dan pembimbingan siswa kelas III dan IV. Pada kegiatan ini, mahasiswa praktikan melakukakan perkenalan dengan siswa yang didampingi oleh guru kelas masing-masing. Mahasiswa diawal perkenalan merasa nerveuos tetapi dengan berjalannya waktu mahasiswa mampu mencairkan suasana. Semua siswa menjadi senang dan semangat pada saat diberikan ice breaking oleh mahasiswa praktikan dan menjadikan siswa terfokus lagi pada kegiatan pembelajaran. (Tim PPL Candi)

Please follow and like us:

prabangkara press

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *