Sensasi dan Keindahan Pantai Watu Bale, Pacitan; Dilengkapi dengan Fasilitas serta Jembatan Penghubung

Sensasi dan Keindahan  Pantai Watu Bale, Pacitan;  Dilengkapi dengan Fasilitas serta  Jembatan Penghubung
SHARE

Oleh: Diah Tri Ramadani

Wisata pacitan sudah terkenal dengan keindahannya yang masih asri dan alami sehingga tak jarang banyak warga lokal maupun asing yang ingin mengunjungi keindahan wisata di Kab. Pacitan. Keindahan wisata Pacitan sangat beragam mulai dari pegunungan, goa, sungai dan pantai. Keindahan pantai itu tersebar di berbagai sudut desa pacitan, seperti: Pantai Pancer Door, Pantai Watu Bale, Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Taman, Pantai Bakung, Pantai Pangasan, Pantai Banyu Tibo, Pantai Ngiroboyo, Pantai Siwil, Pantai Pikatan, Pantai Karang Bolong, Pantai Daki  dan lain sebagainya.

Beberapa pantai tersebut memiliki keunikan yang berbeda-beda mulai dari pantai dengan besarnya ombak, pantai dengan pasirnya yang putih di tambah dengan banyaknya bebatuan karang yang indah, pantai dengan sebutan seruling samudra dan beberapa keunikan lainnya. Yang sangat unik di pacitan terdapat pantai yang tidak memiliki pasir melainkan tebing yang berbatasan langsung dengan laut selatan dan memiliki jembatan yang terbentang antara tebing pantai dengan Pulau Watu Bale.

Pantai tersebut terletak di Desa Jetak Kecamatan Pacitan dengan sebutan Pantai Watu Bale Pacitan. Jalan menuju pantai Watu Bale ini sangat mudah. Dari Kota Pacitan cukup mengikuti arah JLS ke arah Timr 15 kilometer. Dengan jalur berkelok dengan beberapa tanjakan akan membawa anda menuju lokasi. Setibanya di Desa Jetak Kecamatan Tulakan ada sebuah papan berwarna biru akan terlihat di sebelah kanan. Rute berikutnya berupa jalur masuk dengan jalan berlapis semen hingga area parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

Tiap pengunjung juga harus menjalani test suhu tubuh. Di pintu masuk juga tersedia sarana cuci tangan. Dari area parkir, wisatawan dapat menuju lokasi pantai dengan berjalan kaki. Secara umum jalan yang ada cukup bagus. Untuk masuk ke obyek wisata ini hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,-  saja.

Baca Juga  Komsos dengan Perangkat Desa; Himbauan Babinsa Koramil 01 / Tapaktuan

Salah satu pantai di Pacitan yang mempunyai jembatan gantung di tengah-tengah pantai dengan panjang 100 meter ialah Pantai Watu Bale. Pantai ini memiliki jembatan yang terbuat dari Tambang Basketan dan Kayu yang berkualitas  sehingga aman untuk di lewati. Adanya jembatan baru ini menambah daya tarik wisatawan dalam menguji adrenalin baik lokal maupun non lokal.

Jembatan ini juga sudah termasuk dalam Standart Nasional Indoneisa (SNI) sehingga aman untuk di lewati oleh pengunjung. Namun petugas nantinya juga akan melihat ombak yang berada di kawasan pantai ini, jika ombak terlalu besar dan tidak bersahabat maka wisatawan tidak diperbolehkan melewati jembatan ini dan sebaliknya jika ombak di pantai ini bersahabat maka wisatawan boleh melewati jembatan watu bale ini.

Pantai Watu Bale juga merupakan salah satu tempat obyek wisata pacitan yang paling diminati masyarakat terutama pada kalangan anak muda tak terkecuali orang dewasa maupun anak-anak. Setiap hari minggu atau libur panjang pasti selalu dipadati oleh pengunjung karena keunikannya yang sangat menarik. Keunikan dari Pantai Watu Bale adalah sebagai berikut:

  1. Pantai Watu Bale adalah salah satu pantai di pacitan yang tidak memiliki pasir seperti pada pantai-pantai umumnya. Namun pantai ini adalah tebing yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.
  2. Pantai Watu Bale mempunyai batu besar di tengah-tengah pantai yang menyerupai “Bale” sehingga di sebut dengan Pantai Watu Bale.
  3. Pantai Watu Bale mempunyai banyak spot foto ala-ala instagrammable. Sehingga, siapa saja yang datang ke wisata Pantai Watu Bale akan merasa puas dengan spot-spot tersebut.
  4. Pantai Watu Bale memiliki jembatan baru yang terbentang dari Tebing Pantai hingga sampai batu besar yang berada di tengah-tengah pantai tersebut. Dan jembatan ini menambah ikon baru dari wisata Pantai Watu Bale Pacitan. Karena, Jembatan gantung di atas pantai yang berada di Pacitan hanya ada di Pantai Watu Bale yang berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan..
  5. Pantai Watu Bale memiliki ombak yang bermusim. Terkadang menyuguhkan ombak yang biasa namun terkadang juga menyuguhkan ombak yang sangat ganas. Sehingga, wisatawan yang datang ke Pantai Watu Bale harus berhati-hati dengan musimnya ombak pantai tersebut
  6. Pantai Watu Bale dapat digunakan untuk camping. Camping di wisata Pantai Watu Bale sangat menarik karena tempatnya yang sangat nyaman.
  7. Adanya batu raksasa yang bertuliskan Watu Bale
  8. Pantai Watu Bale juga dapat digunakan untuk memancing. Karena tempatnya yang memiliki tebing tinggi atau biasa disebut dengan “perengan” dan banyaknya ikan-ikan yang berada di wisata pantai tersebu. Maka, Pantai Watu Bale ini sangat cocok digunakan untuk tempat memancing.
Baca Juga  Anggota DPRD Timika Sebut KKB Sebagai Kelompok Teroris

Sebagai tujuan wisata yang sangat menarik dan disukai oleh khalayak umum khusunya remaja. Maka, dalam hal sarana dan prasarana di wisata pantai watu bale sangatlah memadai diantaranya

Toilet dan Kamar Mandi.

Toilet dan kamar mandi sangatlah penting bagi para wisatawan. Karena dengan adanya toilet dan kamar mandi dapat membantu wisatawan yang membutuhkan fasilitas tersebut

Tempat Parkir

Tempat parkir juga sangat penting untuk tempat wisata, seperti wisata Pantai Watu Bale Karena dengan adanya tempat parkir wisatawan dapat dengan mudah untuk memarkir kendaraanya dan dapat terjaga pula keamanan kendaraan tersebut karena di tempat parkir tersebut juga tersedia tukang parkir. Hanya dengan membayar Rp. 2000 rupiah untuk kendaraan bermotor dan Rp.5000 rupiah untuk mobil kendaraan wisatawan akan aman dari pencurian yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Bupati Pacitan Indartato Ingatkan Protokol Kesehatan di New Normal, Saat Launching Kampung Tangguh

Café dengan julukan “Café Watu Bale”

Tak kalah dengan Wisata Pantai lainnya. Pantai Watu Bale juga menyediakan Café untuk wisatawan yang ingin mengisi perutnya saat kelaparan. Café ini menyediakan aneka makanan khas pacitan, camilan ringan, minuman seperti kopi, teh hingga kelapa muda yang sanagat terjangkau harganya.  Namun lokasi café ini tidak terlalu dekat dekat tempat Wisata Watu Bale dan di Wisata Pantai tersebut hanya ada satu tempat makanan yaitu Café Watu Bale. Dan uniknya lagi Café Watu Bale ini terbuat dari kayu yang tersusun dengan rapi, sehingga sangat sejuk ketika berada di café tersebut.

Jembatan penghubung pantai dengan pulau menjadi salah satu daya tarik wisata yang  ada di Kabupaten Pacitan, tepatnya berada di wisata pantai watu bale yang terletak di Desa Jetak Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Pantai Watu Bale merupakan pantai yang unik karena pantai ini tidak memiliki pasir melainkan tebing yang berbatasan langsung dengan laut selatan dan memiliki jembatan yang terbentang antara tebing pantai dengan pulau watu bale.

Pantai ini juga sangat diminati oleh pengunjung karena mempunyai keunikan tersendiri. Dengan Tempat yang sangat nyaman Pantai Watu Bale, sering digunakan camping hingga memancing oleh masyarakat khususnya masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. (*)

 


SHARE
prabangkara