Pengabdian 4 Bulan Mahasiswa di Kampus Mengajar 4 di SD Negeri 4 Sempu, Nawangan, Berjalan Sukses

Pengabdian 4 Bulan Mahasiswa di Kampus Mengajar 4 di SD Negeri 4 Sempu, Nawangan,  Berjalan Sukses
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || PACITAN – Program Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memperkaya kompetensi mahasiswa dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas. Kegiatan KM 4 di SD Negeri 4 Sempu, hari Rabu (30/11/2022), telah dilaksanakan perpisahan, yang bertempat di Desa Sempu, Kecamatan nawangan, Kabupaten Pacitan.

Kepala Sekolah SD N 4 Sempu Syahril dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KM 4 yang berasal dari STKIP PGRI Pacitan dan UNIPMA Madiun telah berkontribusi bagi dunia pendidikan dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat pendidikan dasar.

Yusril sebagai kepala sekolah SD negeri 4 Sempu juga menjelaskan bahwa KM 5 SD Negeri Sempu juga masih ditunjuk oleh Kemenristekdikbud.

Yusril sebagai ketua kelompok menjelaskan bahwa kegiatan yang telah dilakasanakan sebagai berikut: literasi dan numerasi untuk semua kelas, jum’at sehat rutin dilaksanakan selama KM 4 tiap hari Jum’at, membiasakan lagu-lagu nasional, melatih upacara bendera, mengenalkan batas desa, mengenalkan budaya lokal, membuat majalah dinding, post tes pada awal,  penialain tengah semester, penilaian akhir semester, kegiatan AKM kelas 5,  menanam pohon di sekitar sekolah, melaksanakan kemah siswa, dan kegiatan lainnya berjalan dengan suskes tidak ada kendala. Program ini mengajak mahasiswa untuk berkontribusi meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat pendidikan dasar selama 1 semester,

Baca Juga  Dukung UMKM, Persit KCK Daerah XII/Tpr Selenggarakan Webinar Pelatihan Anyaman Pembuatan Tas Berbahan Dasar Rotan

“Kampus Mengajar Angkatan 4 juga membuka kesempatan partisipasi bagi mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi vokasi di samping mahasiswa dari perguruan tinggi akademik,” jelas Agoes Hendriyanto sebagai DPL KM 4.

“Lebih lanjut Agoes menjelaskan bahwa, program Kampus Mengajar bisa menjadi wadah yang baik untuk mengasah soft skills, kepemimpinan, serta karakter mahasiswa-mahasiswi vokasi. Oleh sebab itu kolaborasi mahasiswa dari perguruan tinggi bisa terwujud di kegiatan Kampus Mengajar 4.

“Selama masa penugasan mahasiswa akan banyak menghadapi tantangan riil, akan banyak menghadapi ketidakpastian yang akan melatih jiwa kepemimpinan, kreatifitas, inovasi, problem solving, komunikasi, serta manajemen tim,” terangnya.

“Alhamdulillah program Kampus Mengajar 4, mahasiswa telah melaksanakan kegiatan  ke sekolah selama satu semester, dan kemudian akan dilakukan rekognisi atau pengakuan hasil belajar sebesar 20 satuan kredit semester (SKS),” jelas Agoes,

Baca Juga  [VIDEO] Kisah Merdeka Mengajar 4 SDN 4 Sempu, Nawangan, Pacitan

Agoes  sangat mendukung kegiatan terus berlanjut dan semakin lebih baik. Apalagi didukung oleh DPL, mahasiswa dan pihak sekolah demi suksessnya kegiatan KM 4 di  SD Negeri 4 Sempu. Semoga kegiatan KM 4 yang akan dilanjutkan dengan KM 5 akan semakin meningkat kualitasnya.

“Perjalanannya program Kampus Mengajar 4 di SD Negeri 4 Sempu, DPL telah dinilai berhasil dan memberikan berbagai dampak positif. Selain bagi mahasiswa peserta program, dampak dari program Kampus Mengajar juga dirasakan oleh pihak sekolah sasaran yang mendapat asistensi dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa-siswi di sekolah,”jelasnya.

“Hal ini sejalan dengan salah satu fokus luaran dari program Kampus Mengajar 4 yang juga menjadi salah satu agenda prioritas nasional, yaitu peningkatan kemampuan literasi dan numerasi,” jelas Guru Pamong SD Negeri 4 Sempu.

Baca Juga  Prabangkaranews.com; Ucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

Guru Pamong SD Negeri 4 Sempu, menjelaskan pada acara perpisahan kegiatan mahasiswa di KM 4 membantu kami untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi bagi adik-adik di SD merupakan kebutuhan yang sangat fundamental. Mahasiswa yang bertugas di SD N 4 Sempu Nawangan,  telah menjalankan dengan berbagai program dengan baik,  telah dilaksanakan selama 18 Minggu yang di mulai pada awal bulan Agustus 2022 sampai 3 Desember 2022.

“Walaupun secara formal dengan laporan harian dan mingguan tertulis selama 4 bulan, namun mahasiswa telah melaksnakan survei dan perencanaan dan proses lainnya pada bulan Juli 2022 telah laksanakan survei ke lokasi. Untuk merencanakan program yang sangat panjang dan menyita konsentrasi bagi mahasiswa yang berjumlah 6 orang di SD Negeri 4 Sempu,”jelas Agoes Hendriyanto. (*)


SHARE