[VIDEO] Tetap Jaga Kebersihan Lingkungan Cermin Manusia Beradab

[VIDEO] Tetap Jaga Kebersihan Lingkungan Cermin Manusia Beradab
SHARE

Oleh: Dinar Yustika S, Evika Yulia U, Sintya Wahyu S (*)

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar cermin adalah bagian penting dari sikap beradab manusia. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kebersihan lingkungan cermin:

  1. Buang sampah pada tempatnya: Pastikan Anda selalu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya di sekitar cermin. Gunakan tempat sampah yang tersedia dan pastikan untuk memisahkan sampah sesuai dengan aturan yang berlaku.
  2. Hindari meninggalkan sisa makanan atau minuman di dekat cermin: Jika Anda mengkonsumsi makanan atau minuman di dekat cermin, pastikan untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau minuman tersebut dengan segera. Jangan biarkan sisa makanan atau minuman mengotori permukaan cermin atau meninggalkan noda yang sulit dibersihkan.
  3. Jaga kebersihan lantai di sekitar cermin: Pastikan lantai di sekitar cermin tetap bersih dan bebas dari debu, kotoran, atau tumpahan cairan. Bersihkan secara rutin dan gunakan alat pembersih yang sesuai, seperti sapu atau penyedot debu, untuk menjaga kebersihan lantai.
  4. Hindari mencoret atau merusak cermin: Penting untuk tidak mencoret atau merusak cermin dengan sengaja. Jika ada noda atau kotoran yang sulit dihilangkan, gunakan metode pembersihan yang tepat dan hindari menggunakan benda-benda tajam yang dapat merusak permukaan cermin.
  5. Perhatikan kebersihan di sekitar cermin: Selain menjaga kebersihan permukaan cermin, penting juga untuk menjaga kebersihan di sekitar cermin. Bersihkan debu atau kotoran yang ada di meja, rak, atau area sekitar cermin secara teratur.
  6. Beri tahu pihak yang berwenang tentang masalah kebersihan: Jika Anda melihat kerusakan atau kebersihan yang tidak terjaga di lingkungan cermin, sebaiknya laporkan kepada pihak yang berwenang, seperti petugas kebersihan atau manajemen gedung, agar mereka dapat mengatasi masalah tersebut.
  7. Edukasi dan saling mengingatkan: Penting untuk memberikan edukasi kepada orang lain tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan cermin. Jika Anda melihat orang lain tidak mematuhi aturan kebersihan, dengan sopan dan santun, Anda dapat mengingatkan mereka agar bersikap lebih beradab.
Baca Juga  FSP LEM SPSI Gandeng PPWI Selenggarakan Workshop Jurnalistik

Dengan menjaga kebersihan lingkungan cermin, kita mencerminkan sikap saling menghormati, menjaga keindahan ruang bersama, dan membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi semua orang.

(*) Mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan