Pengukuhan Satlinmas Desa Nawangan, Pacitan: Menjaga Keamanan dan Tradisi

Pengukuhan Satlinmas Desa Nawangan, Pacitan: Menjaga Keamanan dan Tradisi
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || PACITAN – Siti Aisyah dengan sigap mengangkat tangannya dan berdiri untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji. Sebagai anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Desa Penggung, Kecamatan Nawangan, Siti Aisyah dengan jelas menyebutkan nama-nama penyelenggara hajatan di desanya selama bulan Syawal, termasuk mempelai yang akan melangsungkan pernikahan.

Pertanyaan yang diajukan oleh Bupati Pacitan tersebut mungkin terlihat sepele, namun memiliki makna yang mulia bagi anggota Satlinmas desa. Selain bertugas sebagai penegak keamanan dan ketertiban, Satlinmas Desa juga memiliki tugas mulia dalam menjaga tradisi masyarakat, termasuk dalam kegiatan gotong royong, kerja bakti, dan membantu warga dalam penyelenggaraan hajatan.

Baca Juga  Wisata Kahyangan Wonogiri, Menyimpan Sejarah Sebagai Tempat Semedi Panembahan Senopati

“Saya berharap  semua dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, tidak hanya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga dalam hal-hal sosial lainnya,” ungkap Mas Aji saat acara Pengukuhan Satlinmas Desa se-Kecamatan Nawangan di Pendopo Kecamatan pada Rabu (07/06/2023).

Dalam menjalankan tugas di masyarakat, Mas Aji memberikan pesan kepada anggota Satlinmas untuk menjalin koordinasi dan bekerja sama dengan aparat seperti Polri dan TNI. Jumlah anggota Satlinmas di seluruh Kecamatan Nawangan mencapai 318 orang.

“Teruslah semangat, semoga segala yang Anda lakukan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” tambahnya.

Selain pengukuhan anggota Satlinmas Desa se-Kecamatan Nawangan, acara tersebut juga melibatkan sosialisasi tentang pemberantasan rokok ilegal, pelatihan dasar pemadam kebakaran, serta pengaturan lalu lintas. (*)

Baca Juga  Prabangkaranews Media Group  Ucapkan Selamat Kepada Pemkab Pacitan  Atas Peraihan Predikat WTP ke-9 dari BPK RI