Maxi Rondonuwu Layak Diusulkan Sebagai Calon Gubernur Sulawesi Utara 2024

Maxi Rondonuwu Layak Diusulkan Sebagai Calon Gubernur Sulawesi Utara 2024
Foto: Jerry Massie, PhD
SHARE

JAKARTA || Maxi Rondonuwu, yang namanya tidak asing lagi di kalangan masyarakat Sulawesi Utara (Sulut), kini mulai dikaitkan dengan pencalonan gubernur Sulut untuk tahun 2024.

Sebelumnya dikenal karena peranannya sebagai Direktur RS Prof Kandouw dan Kepala Dinas Kesehatan Sulut, Rondonuwu kini mendapat sorotan sebagai calon gubernur potensial.

Menurut Jerry Massie, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), kepada  jurnalis  Prabanagkaranews Sabtu (27/4/24), Rondonuwu memiliki kedekatan dengan pemilih akar rumput dan dipandang sebagai figur yang bisa membawa perubahan signifikan bagi daerah tersebut.

“Maxi Rondonuwu adalah figur dokter yang peduli rakyat kecil dan memiliki kapabilitas untuk membawa Sulut lebih maju,” ujar Massie.

Baca Juga  Bertemu Duta Besar Jepang, Menteri Suharso Optimis Indonesia Jadi High Income Country Pada 2036

Jerry Massie menjelaskan  Maxi Rein Rondonuwu, pria kelahiran  Mundung ini dilantik sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tanggal 15 Desember 2021. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit sejak Juni 2021, dan Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan sejak tahun 2018.

Maxi Rein Rondonuwu

“Maxi Rononuwu  merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado dan meraih gelar Doctor of Health Service Management dari Australia, serta gelar Magister Administrasi Rumah Sakit dari Universitas Sam Ratulangi Manado. Penghargaan terakhir yang diterima adalah Bhakti Karya Husada Dwi Windu 16 Tahun,” jelas Jerry Massie.

Kiprah Rondonuwu di tingkat lokal dan nasional, khususnya posisinya yang terakhir sebagai Dirjen di Kementerian Kesehatan, menambah bobot pada profilnya, khususnya dalam mengatasi masalah kesehatan seperti stunting yang menjadi isu penting di Sulut.

Baca Juga  Ditpolairud Polda Banten Lakukan Patroli Dialogis di Merak

Pengalaman dan rekam jejaknya diharapkan menjadi pertimbangan bagi partai politik untuk mendukung pencalonannya dalam pemilihan gubernur mendatang.