“Situs Iwak (Ikan)” Gupi / Gapi, Gondosari, Pacitan

“Situs Iwak (Ikan)” Gupi / Gapi, Gondosari, Pacitan
SITUS IWAK ( IKAN ) GUPI/ GAPI, Gondosari, Pacitan
SHARE

PRABANGKARANEWS || PACITAN – “Situs Iwak (Ikan) Gupi/Gapi” adalah sebuah situs bersejarah yang diperkirakan berasal dari abad ke-13 Masehi, pada masa Dewi Sekartaji/Dewi Ratu Kencono Wungu/Shri Ratu Suryo/Dadung Melati.

Pada waktu itu, Dewi Sekartaji membuat sebuah pertapan dan taman asri di bawah kaki bukit Gunung Kendali Sodo (Kebon Sari/Punung, Pacitan), serta membangun sebuah taman yang indah beserta sebuah telaga di lokasi Dusun Kali Mojo, Desa Gondosari, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Dalam taman tersebut, Dewi Sekartaji menempatkan sepasang ikan Gupi, yang memiliki ukuran yang sangat kecil namun memiliki beragam warna corak. Jenis ikan ini memiliki makna yang sakral dan dihormati sejak zaman Majapahit, yaitu sebagai simbol bahwa seorang pemimpin harus menjadi pelindung dan pengayom bagi semua strata atau golongan yang ada di sekitarnya. Hingga saat ini, ikan tersebut masih lestari dan berada di lokasi tersebut.

Baca Juga  Jerry Massie Bingung, Prabowo Subianto Pilih Jadi Menteri Ketimbang sebagai Oposisi

Situs ini memiliki arti penting dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, yang menyatakan bahwa situs cagar budaya adalah lokasi di darat atau di air yang mengandung benda, bangunan, atau struktur cagar budaya sebagai hasil kegiatan manusia atau bukti kejadian pada masa lalu. Semoga berkah dari Tuhan senantiasa menyertai kita semua, serta keluarga dan penerus dari Kanjeng Nabi Muhammad Rosulullah, yang menjadi penjaga bumi dan langit.

Penulis: Amat Taufan