Lutung Ebony Kelip: Primata Endemik dengan Keunikan Warna Bulu

Lutung Ebony Kelip: Primata Endemik dengan Keunikan Warna Bulu
SHARE

PRABANGKARANEWS || Lutung ebony kelip adalah primata Dunia Lama yang termasuk dalam keluarga Colobine, yang dikenal sebagai pemakan daun. Mereka endemik di hutan-hutan terpencil Jawa Timur dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Bali, Lombok, Palau Sempu, dan Nusa Barong.

Lutung ebony kelip umumnya memiliki bulu berwarna hitam mengkilat dengan semburat kecoklatan pada kaki, samping, dan cambangnya. Menariknya, bayi lutung dilahirkan dengan bulu berwarna oranye terang yang kemudian berubah menjadi hitam seiring dengan bertambahnya usia.

Namun, beberapa individu menunjukkan variasi warna yang langka di mana bulu mereka tidak sepenuhnya berubah menjadi hitam saat dewasa.

Pada morf langka ini, lutung dewasa tetap memiliki bulu berwarna emas, meskipun sedikit lebih gelap dibandingkan bulu bayi. Warna emas ini disertai semburat kuning di sisi tubuh, tungkai, dan di sekitar telinga, serta semburat hitam di punggung.

Baca Juga  Jika Dana Desa Tidak Cair Segera, Senator Fachrul Razi: Sebaiknya Menteri Desa Diganti

Keunikan ini membuat lutung ebony kelip tidak hanya menarik untuk dikaji dalam aspek biologi dan ekologi tetapi juga dalam upaya konservasi primata di Indonesia.