Banyuwangi Ekspor “Sarden” ke Australia Senilai 2,7 juta dollar.

Banyuwangi Ekspor “Sarden” ke Australia Senilai 2,7 juta dollar.
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || BANYUWANGI – Produk Banyuwangi kembali tembus pasar internasional. Kali ini sarden Banyuwangi ekspor ke Australia senilai 2,7 juta dollar.

Pelepasan ekspor dihadiri langsung Menteri Perdagangan @kemendag Zulkifli Hasan @zul.hasan di Kecamatan Muncar Banyuwangi, Selasa (22/11/2022).

Mendag melepas ekspor 3 dari 10 kontainer produk ikan sarden ke Australia milik Pasific Harvest Group. Pelepasan ekspor produk sarden ini memiliki nilai sebesar 902 ribu dollar, dari total nilai kontrak 2,7 Juta dollar.

Selama ini Muncar dikenal dengan potensi perikanan yang melimpah. Pelabuhan Muncar Banyuwangi identik dengan komoditas utama berupa ikan lemuru yang banyak ditangkap oleh nelayan. Jenis ikan inilah yang diolah dan dijadikan produk sarden oleh Pasific Harvest.

Baca Juga  Danrem 081/DSJ Undang Kolonel Inf Masduki Ramah Tamah di Cagar Budaya Osvia Boschbou

“Di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global, kita patut bersyukur dan bangga atas tren positif kinerja perdagangan Indonesia,” kata Mendag Zulhas saat melakukan pelepasan di pabrik pengolahan ikan CV Pasific Harvest di Muncar. Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah turut mendampingi Mendag saat pelepasan tersebut.

Wabup @sugirah_bwi menjelaskan kegiatan ekspor tersebut sebagai momentum penting untuk pemulihan ekonomi Banyuwangi di masa pandemi Covid-19.

“Program ekspor ini selaras dengan gerakan Banyuwangi Rebound yang bersama Bupati Ipuk kita usung bersama, gerakan antar sektor untuk pemulihan ekonomi,” ujar Sugirah.


SHARE