Benahi Birokrasi dan SAKIP, Mas Aji: Pacitan Harus Berani Melompat Kejar Ketertinggalan

Benahi Birokrasi  dan SAKIP, Mas Aji: Pacitan Harus Berani Melompat Kejar Ketertinggalan
SHARE

PRABAANGKARANEWS.COM || PACITAN – Kabupaten Pacitan terus berupaya meningkatkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB). Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan dengan menggelar workshop Pemantapan Pembangunan Reformasi Birokrasi Dan Implementasi SAKIP Kabupaten Pacitan, Jumat (20/01/2023 di Yogyakarta.

Workshop menghadirkan Pemateri dari Kementerian PAN-RB yakni Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan, Erwan Agus Purwanto, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II Budi Prawira serta Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas Aji). Workshop diikuti oleh seluruh pimpinan Perangkat Daerah se-Kabupaten Pacitan.

Dalam sambutannya Mas Aji mengatakan workshop dalam rangka Pemantapan Pembangunan Reformasi Birokrasi Dan Implementasi SAKIP sangat penting karena Kabupaten Pacitan membutuhkan lompatan dalam mencapai target tersebut. Tanpa lompatan itu maka Kabupaten Pacitan akan selalu tertinggal.

Baca Juga  Bersama Mahasiswa FISIP UIN Walisongo, Ketua Komite 1 DPD RI Paparkan Tantangan Demokrasi Indonesia

“Semua kabupaten/kota sama, ingin mencapai yang terbaik dan jika semuanya sudah mencapai standar tertinggi tersebut maka standarnya pasti akan berubah. Kalau kita tidak melompat kita akan terus mengejar,” kata Mas Aji.

Untuk itu lanjut @inb_indratanurbayuaji koordinasi dengan Kementerian khususnya Kemenpan RB ini sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan serta kekurangan sehingga peningkatan dan implementasinya bisa lebih cepat.

“RB dan Sakip ini menjadi “alat” penting agar visi misi baik presiden turun ke bawah ke gubernur hingga bupati ini bisa tercapai lebih baik,” sambung Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Dan evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan II, Budi Prawira.

Baca Juga  Pemdes Sirnoboyo, Pacitan; Realisasikan Program Tanggap Kesehatan Pencegahan Stunting dan Ibu Hamil KEK

Tujuan utama RB dan Sakib lanjut Budi bukan untuk mendapatkan penilaian, namun untuk meningkatkan relevansi berbagai macam program pembangunan yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat langsung. RB dan Sakip mendorong cara kerja lebih efektif dan efisien khususnya mengidentifikasi persoalan yang menjadi konsen masyarakat.
#pacitan