Pabrik Kereta Api Terbesar se-Asia Tenggara, PT Steadler INKA Indonesia (SII) di Banyuwangi Mulai Beroperasi

Pabrik Kereta Api Terbesar se-Asia Tenggara,  PT Steadler INKA Indonesia (SII) di Banyuwangi Mulai Beroperasi
SHARE

PRABANGKARANEWS.COM || BANYUWANGI – Saat peresmian workshop pabrik pada Kamis (9/3/2023), juga diteken kontrak pengadaan kereta penumpang dan kereta rel listrik (KRL) antara PT INKA (Persero), PT KAI (Persero) dan PT KCI atau KAI Commuter dengan total nilai sekitar Rp 9 triliun.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, workshop INKA di Banyuwangi bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) di Banyuwangi.

Workshop tersebut diresmikan oleh Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wiryoadmojo, didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi.

Workshop PT INKA di Banyuwangi akan membuat car body (badan kereta) dari kontrak pengadaan tersebut. Secara bertahap, akan dibangun test track sepanjang 4 km dan fasilitas lainnya, dilansir dari istagram banyuwangi_kab.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Madiun Adakan Pelatihan Kepenulisan Sejarah untuk SMA/SMK/MA/sederajat

Wamen Kartika mengatakan pabrik kereta api terbesar se-Asia Tenggara itu dibangun untuk meningkatkan produksi kereta api kualitas ekspor. Kehadiran workshop itu juga otomatis akan mendorong pembukaan lapangan kerja.

“Dipilihnya Banyuwangi karena posisinya yang strategis. terletak tidak jauh dari pelabuhan dan stasiun, sehingga memudahkan mobilisasi produk. Selain itu, Banyuwangi juga dikenal sangat mendukung pengembangan dunia usaha untuk membuka lapangan kerja,” kata Wamen.

Dirut PT INKA, Eko Purwanto menambahkan, kontrak pengadaan kereta dengan PT. KAI meliputi pengadaan 16 Trainset (12 car per trainset) sarana KRL Baru, 612 Unit Kereta SS New Generation untuk program replacement tahun 2023-2026, dan 10 car kereta luxury.

Baca Juga  Update Covid-19 di Indonesia, per 17 Mei 2020