[VIDEO] Menghidupkan Legenda Wayang Beber Pacitan dalam Animasi: Gulungan 1 Menggebrak

[VIDEO] Menghidupkan Legenda Wayang Beber Pacitan dalam Animasi: Gulungan 1 Menggebrak
SHARE

PRABANGKARANEWS || Pacitan, 22 September 2023 – Dalam langkah berani untuk memelihara dan melestarikan kekayaan budaya adi luhung Pacitan, Fajar Abadi, seorang seniman yang berbakat, menciptakan karya epik tahun 2021 yang tak hanya mempesona tetapi juga menghidupkan kembali tradisi budaya yang berharga. Ini adalah upaya luar biasa untuk menjaga Wayang Beber Pacitan tetap hidup dan relevan di era modern.

Film animasi berjudul “Wayang Beber Pacitan: Gulungan 1” adalah sebuah pencapaian yang sangat dinantikan, menghadirkan segmen pertama dari legenda ini. Segmen ini terdiri dari jagong 1, 2, 3, dan 4 yang merupakan bagian tak terpisahkan dari cerita yang menghanyutkan. Bagi pecinta seni dan budaya, ini adalah berita yang membangkitkan semangat.

Baca Juga  Update Data Covid-19 Indonesia per 19 April 2020

Pertemuan kami dengan pembuat video animasi ini terjadi di Pantai Teleng Ria Pacitan pada Jumat (22/9/2023), menciptakan latar yang menakjubkan untuk berbicara tentang karyanya yang menginspirasi. Pembuat video animasi ini berbicara dengan semangat tentang tujuannya untuk menghidupkan kembali Wayang Beber Pacitan dan membawanya ke era baru.

Wayang Beber Pacitan adalah salah satu harta budaya yang paling berharga, mengandung legenda dan cerita-cerita yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Namun, dengan perubahan zaman, kebudayaan ini mulai luntur dalam ingatan masyarakat. Melalui medium animasi yang kreatif, Fajar Abadi telah berhasil menciptakan sebuah karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga mengedukasi tentang warisan budaya Pacitan yang luhur.

Baca Juga  YUK DAFTAR ! Ada 600 Formasi Politeknik Statistika STIS

Penciptaan Gulungan 1 dalam film animasi ini adalah langkah awal yang berani dan menggebrak untuk menghidupkan kembali kekayaan budaya ini. Diharapkan bahwa karya ini akan menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih menghargai dan memahami kekayaan budaya mereka sendiri. Ini adalah upaya berani untuk menjaga tradisi yang begitu berharga agar tetap “ngremboko” (menggeliat) di hati masyarakat Pacitan.

Fajar Abadi Dosen AKN Pacitan dan Tim, telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mempromosikan dan memperkenalkan Wayang Beber Pacitan kepada dunia melalui medium yang sesuai dengan zaman.

Dalam era di mana teknologi mendominasi, animasi menjadi jembatan antara masa lalu dan masa depan, mengingatkan kita akan nilai-nilai budaya yang tak ternilai harganya. Gulungan 1 ini adalah persembahan yang tak terlupakan bagi Pacitan dan dunia. (*)

Baca Juga  Korps Marinir TNI AL Kirim Pasukan Ke Korban Bencana NTT